Menu Tutup

Layanan Firefox Versi Android Akan Berakhir, Mozilla Siapkan Fenix

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari Mozilla. Setelah browser Firefox versi Android dikabarkan akan berakhir satu tahun lagi, Mozilla telah mempersiapkan penggantinya.

Dilansir dari Kompas Tekno, Senin (29/4), Peramban pengganti bernama Fenix ini nantinya akan menjadi browser andalan sekaligus pengganti Firefox yang sudah lebih dulu hadir di Android. Kabar ini terungkap dari sebuah dokumen yang dipublikasi oleh Mozilla.

Dalam dokumen tersebut, tercatat rencana perusahaan untuk mengganti Firefox dengan sebuah browser yang disebut “Fennec”, nama lain dari Fenix yang kini tengah dipersiapkan.

Mozilla mengatakan dalam dokumen tersebut bahwa pihaknya saat ini tengah mengalihkan sebagian besar sumber daya demi mengembangkan dan menyempurnakan Fenix. Mozilla juga menegaskan saat ini para pengembang tengah berupaya untuk memperbaiki bug dan mengimplementasi sejumlah fitur yang sebelumnya telah tersedia di Firefox.

BACA JUGA :  Oppo Resmi Boyong Reno 2 dan Reno 2F ke Indonesia

Karena besarnya sumber daya dialihkan demi pengembangan Fenix, maka posisi Firefox sebagai browser andalan di sini akan sedikit “dilupakan” oleh Mozilla. Bahkan kabarnya, setelah Mozilla merilis Firefox Android versi 68 dirilis pada 9 Juli mendatang, tak akan ada lagi pembaruan fitur untuk browser ini hingga Fenix rampung dan diluncurkan.

Nantinya, Firefox hanya akan menerima perbaikan bug dan patch keamanan dalam Firefox 68.1 yang dirilis pada 3 September dan Firefox 68.2 yang datang pada 22 Oktober, dan seterusnya.

Kendati demikian tidak disebutkan kapan browser Fenix ini akan selesai dan mulai diperkenalkan. Mozilla pun belum memberi komentar lebih lanjut tentang informasi ini. Besar kemungkinan proses pengembangan browser Fenix yang akan mengganti Firefox juga masih akan memakan waktu yang cukup lama. Pasalnya, browser ini diketahui dibuat menggunakan arsitektur yang berbeda.

BACA JUGA :  Proyek "Tol Langit" Palapa Ring Resmi Mengudara

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×