Menu Tutup

Mangaka Lone Wolf & Cub, Kazuo Koike Wafat

Hai, MedForians!

Berita duka kembali menerpa dunia manga dan anime. Setelah mangaka legendaris Monkey Punch, yang membuat Lupin III meninggal, kali ini mangaka Kazuo Koike dikabarkan wafat.

Mangaka dari manga Lone Wolf and Cub ini diumumkan meninggal dunia di usia 82 tahun pada Rabu (17/4) akibat pneumonia dan komplikasi.  Pengumuman ini disampaikan melalui akun Twitternya, Jumat (19/4).

Pengumuman wafatnya beliau ini tentu mengejutkan, mengingat beliau pada Rabu lalu masih mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Monkey Punch, yang telah menjadi sahabat sekaligus rivalnya di dunia Manga selama 40 tahun lebih. Koike, yang bernama pena Keigo Ozuka sempat merindukan sosok Monkey Punch. Mereka berdua sempat berkolaborasi dalam serial mini manga Secretary Bird yang terbit di Weekly Manga Action pada September 1970.

BACA JUGA :  Game Cyberpunk 2077 Dapatkan Adaptasi Anime, Rilis 2022

Kazuo Koike sendiri lahir pada 8 Mei 1936 di Prefektur Akita. Selain sebagai mangaka, Koike juga menulis novel; skrip untuk film, serial televisi, dan drama panggung; serta menulis lirik lagu. Di tahun 1972, beliau mendirikan Studio Chip, yang kemudian berubah nama menjadi Koike Shoin Corporation. Ia juga mendirikan sekolah pelatihan Koike Gekiga Sonjuku bagi kreator manga pada 1977, serta bekerja sebagai instruktur di Osaka University of Arts sejak tahun 2000.

Bersama Gosike Kojima, Kazuo Koike membuat manga bergenre samurai berjudul Lone Wolf & Cub. Manga ini menjadi manga pertama yang terbit dalam Bahasa Inggris pada Mei 1987, dan terbit di Amerika Serikat secara bulanan. Manga ini sempat mendapatkan berbagai adaptasi film layar lebar dan drama panggung.

BACA JUGA :  PV Perdana Film Live Action Yowamushi Pedal Ungkap Lagu Tema

Selain manga Lone Wolf and Cub, Koike membuat berbagai judul manga terkenal lainnya, seperti Samurai Executioner, Crying Freeman, Lady Snowblood, Mad Bull 34, Mad Bull 2000, dan New Lone Wolf & Cub. Judul-judul manga tersebut telah mendapatkan adaptasi anime dan live action.

Redaksi mengucapkan turut berduka cita dan berbelasungkawa atas meninggalnya mangaka legendaris ini.

Sumber: Anime News Network

 

Kembali ke Atas

BACA JUGA

×