Menu Tutup

Microsoft Blokir Update Windows 10 Apabila PC Sedang Terhubung USB

Hai, MedForians!

Update terbaru untuk Windows 10 tidak bisa di-install apabila komputer kalian sedang terkoneksi dengan USB!

Pembatasan

Pada awal tahun ini, Microsoft akan merilis pembaharuan untuk Windows 10, yaitu Windows 10 May Update.

Walau pada saat ini update tersebut belum disebarkan secara luas, ternyata update ini dikabarkan memiliki bug tidak wajar.

Saat ini, Microsoft telah memberikan batasan atau memblokir update terbaru untuk Windows 10 kepada komputer yang masih terhubung dengan USB, baik itu hard disk eksternal, flash disk, hingga USB card reader.

Dikutip dari artikel bantuan Microsoft melalui The Verge, dikatakan bahwa “pengalihan drive yang tidak diinginkan dapat terjadi pada komputer yang dapat melakukan update yang terkoneksi dengan perangkat USB eksternal atau kartu memori SD saat melakukan instalasi pembaharuan May 2019.”

Maksud dari pengalihan drive yang tidak diinginkan tersebut adalah penggantian huruf pada drive yang dialokasikan oleh Windows. Contohnya umumnya adalah huruf “C:” yang dialokasikan menjadi partisi sistem.

Kemudian, pengalihan drive yang tidak diinginkan ini dapat terjadi pada saat melakukan instalasi pembaharuan Windows 10 terbaru. Contohnya, apabila suatu perangkat USB memiliki huruf drive “D:”, pada saatu melakukan instalasi update, huruf tersebut dapat berganti menjadi huruf lain, misalnya “F:” atau “K:” dan huruf alfabet lainnya.

BACA JUGA :  Waspada! OS Windows Dapat Diretas Via Notepad

Untung pengunaan sehari-hari, permasalahan ini tampaknya tidak memiliki dampak signifikan atau berbahaya. Namun, hal ini dapet menjadi faktor penting apabila permasalahan ini terjadi di lingkungan bisnis yang dimana sistem komputer sudah terintegrasi sedemikian rupa. Sehingga, perubahan sistem dalam bentuk apapun dapat menimbulkan kendala yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, Microsoft sudah melarang pembaharuan Windows 10 versi May 2019 kepada komputer apapun yang masih terkoneksi dengan perangkat USB atau kartu SD.

Solusi

Lalu, bagaimana jika pengguna atau administrator ingin melakukan pembaharuan ini?

Karena bug ini terkait dengan koneksi perangkat USB terhadap komputer, maka solusi mudahnya adalah cukup untuk mencabut semua perangkat USB yang terpasang pada komputer.

Perangkat USB yang termasuk adalah semua kabel tipe USB yang terpasang, mulai dari USB pada umumnya (USB Type A), baik 2.0 atau 3.0. Kemudian, jangan pasang kartu SD pada slot card reader yang terdapat pada komputer atau laptop.

BACA JUGA :  Waspada! OS Windows Dapat Diretas Via Notepad

Dengan tindakan mudah ini, kalian dapat melakukan pembaharuan May 2019 tanpa ada kendala lagi.

Setelah melakukan instalasi pembaharuan, kalian juga dapat memasang semua perangkat USB dan kartu SD yang kalian biasa gunakan.

Sementara itu, Microsoft mengatakan bahwa “isu ini akan segera diperbaiki pada pembaharuan mendatang untuk Windows 10.”

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian selalu up-to-date dengan versi Windows 10 kalian?Yuk berikan tanggapannya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×