Menu Tutup

Microsoft Kembangkan Bahasa Pemrograman Baru, Bosque

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari perusahaan pencipta Windows, Microsoft. Microsoft meluncurkan bahasa pemrograman open-source terbaru, Bosque.

Dilansir dari Kompas Tekno, Rabu (24/4), bahasa pemrograman ini diluncurkan Microsoft sebagai upaya untuk membuat bahasa pemrograman yang lebih sederhana, jelas, dan mudah dimengerti, baik untuk programmer maupun untuk mesin (komputer).

Bosque memiliki bahasa pemrograman bertipe typed dan fungsional yang sintaksnya terinspirasi dari Javascript, Typescript dan bahasa pemrograman ML.

“Bahasa pemrograman Bosque dirancang untuk membuat kode sederhana dan mudah dicerna manusia dan mesin,” ujar pihak Microsoft dalam blog resminya.

Tidak dijelaskan secara detil sesederhana apa Bosque dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain seperti Java atau C++.

Tujuan dibuatnya Bosque sendiri, menurut Microsoft, adalah untuk meningkatkan produktifitas programmer, meningkatkan kualitas software, serta memberikan tool dan pengalaman baru bagi para programmer. Ya, ini dikhususkan bagi programmer, bukan untuk pemula.

BACA JUGA :  Microsoft Mulai Rilis Windows 10 1903

Meski begitu, untuk saat ini, pihak Microsoft menyarankan para pengembang agar tidak menggunakan Bosque yang akan diwujudkan menjadi sebuah produk.

Sebab, Bosque sendiri masih berada dalam tahap pengembangan awal. Dengan kata lain, di dalam Bosque, masih akan ditemui beberapa “bug” lantaran beberapa tool fungsional masih belum stabil.

Karena Bosque merupakan open-source, maka bahasa pemrograman ini terbuka untuk para programmer lain di luar kalangan internal Microsoft.

Oleh karena itu, pihak Microsoft pun mengajak sejumlah pihak yang berkecimpung di dunia bahasa pemrograman untuk ikut mengembangkan bahasa pemrograman Bosque.

Kontribusi pemrograman untuk Bosque bisa dilakukan dengan mengunjungi repositori Github terkait di tautan berikut https://github.com/Microsoft/BosqueLanguage .

BACA JUGA :  Microsoft Umumkan Game Minecraft Earth dengan Fitur Augmented Reality

Sebagai tambahan, repositori github Microsoft ini sendiri diketahui baru hadir 3 Maret lalu, dan bahasa pemrogramannya sendiri dipublikasikan pada 15 April kemarin.

Bagaimana tanggapan MedForians terkait bahasa pemrograman baru dari Microsoft ini?

MedForians Wajib Baca Ini!