Mode Gelap di Facebook Messenger Sudah Bisa Diaktifkan

Teknologi 20 Apr 2019

Hai, MedForians!

Tampilan baru di aplikasi chatting Facebook akhirnya tersedia untuk semua orang!

Mode Gelap

Setelah sebelumnya hanya tersedia secara terbatas dalam rangka Easter Egg, kini fitur tersebut akhirnya tersedia untuk semua pengguna.

Dikutip dari The Verge, fitur ini secara resmi telah meluncur secara global pada Senin (15/03/19). Informasi ini diumumkan oleh pihak Facebook melalui blog resminya.

Dengan fitur ini, kalian dapat menikmati aplikasi chatting Facebook Messenger dengan nuansa gelap. Tentunya ini akan membantu kalian untuk mengurangi “sakit mata” jika kalian sering menggunakan aplikasi ini.

Aktivasi

Lalu, bagaimana caranya untuk mengubah tampilan ke mode gelap?

Pada versi sebelumnya, kalian perlu untuk mengirimkan emoji bulan ke salah satu obrolan kalian.

Sekarang, semua itu tidak perlu. Kalian hanya perlu menekan tombol switch yang akan otomatis mengubah tampilan dari serba putih ke serba hitam, dan sebaliknya.

Tombol switch tersebut berada di tampilan profil pada Facebook Messenger. Kalian hanya perlu menekan gambar profil kalian pada pojok kanan atas, dan akan muncul switch untuk Dark Mode.

Serba Hitam

Tidak hanya Facebook Messenger, beberapa platform media sosial lain juga sudah mengadopsi mode gelap. Salah satunya adalah 9GAG, LINE, dan YouTube.

Para pengguna yang menggunakan mode gelap juga memiliki alasan tersendiri untuk memilihnya dibandingkan tampilan berwarna atau serba putih.

Ada yang bilang bahwa mode gelap membantu mereka agar tidak sulit tidur saat sedang bermain ponsel pada malam hari. Mungkin in berpengaruh dari tampilan serba cerah pada malam hari, terutama cahaya biru yang dihasilkan oleh ponsel, yang dikatakan dapat menganggu jadwal dan mekanisme tidur manusia.

Ada juga yang bilang mode gelap meningkatkan kualitas estetika pada aplikasi yang digunakan, atau memiliki kesan “lebih adem”.

Google juga mengklaim bahwa mode gelap dapat menghemat penggunaan daya baterai pada Android. Hal ini terutama berlaku untuk ponsel dengan teknologi layar AMOLED dan semacamnya. Namun, untuk LCD tidak ada pengaruh dalam penghematan daya.

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian juga suka dengan tampilan serba gelap? Yuk berikan tanggapannya!

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast