Perangkat Headset VR Valve Index Resmi Diumumkan

Teknologi 2 Apr 2019

Hai, MedForians!

Valve benar-benar membuat VR-nya sendiri!

Sempat Menjadi Rumor

Beberapa waktu yang lalu, terdapat “gosip” atau kabar burung mengenai perangkat VR buatan Valve.

Setelah rumor tersebut semakin menunjukkan indikasi kuat, akhirnya Valve mengkonfirmasi kabar tersebut sebagai benar.

Menjadi Kenyataan

Dikutip dari KompasTekno dan TechCrunch, Valve telah mengunggah sebuah gambar poster teaser mengenai perangkat VR yang sedang dikembangkan di situs resminya.

Gambar poster yang diunggah oleh Valve (Sumber: Ars Technica)

Walapun sudah diunggah, saat ini gambar tersebut sudah dihapus oleh Valve. Namun, gambar tersebut dikabarkan sudah tersebar terlebih dahulu.

Pada gambar tersebut, terlihat sebuah tulisan “Mei 2019”. Hal ini menunjukkan kemungkinan tanggal resmi perangkat ini akan rilis ke publik.

Spesifikasi

Perangkat keras terbaru dari Valve ini dikabarkan akan memiliki dua kamera untuk bagian depan. Kamera tersebut nantinya akan berfungsi untuk melacak kondisi sekeliling pengguna.

Namun, saat ini belum diketahui lagi berapa jumlah total kamera yang terdapat pada perangkat ini selain dari dua kamera depan tersebut.

Rumor mengatakan bahwa Valve Index nantinya akan memiliki empat kamera. Kamera tersebut akan berfungsi sebagai implementasi kinerja “inside-out tracking”.

Rumor lain mengatakan bahwa akan ada perangkat motion controllers yang dijuluki sebagai”kunckles”.

Kemudian, terdapat juga adjustment slider pada bagian atas VR. Slider ini kemungkinan berfungsi untuk mengatur jarak antara mata dan lensa VR.

Terdapat juga sebuah tombol pada sisi kanan modul slider. Namun, belum diketahui fungsi tombol tersebut.

Saat ini juga belum diketahui tipe perangkat VR ini. Pada umumnya, terdapat dua tipe VR yang beredar di pasaran, yaitu berbasis standalone, seperti Oculus Quest, atau berbasis kabel, seperti Oculus Rift 2.

Rilis

Saat ini dikabarkan bahwa perangkat ini akan tersedia pada tanggal 1 Mei untuk sesi pre-order. Informasi lebih lanjut akan disampaikan oleh Valve mengenai perangkat ini pada tanggal tersebut.

Kemudian, Valve Index akan rilis secara resmi ke dunia publik pada tanggal 15 Juni mendatang.

Bagaimana, MedForians? Ingin mencoba VR terbaru dari Valve? Yuk berikan tanggapannya!

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast