Menu Tutup

Ponsel Gaming Nubia Red Magic 3 Hadirkan Kipas Pendingin Internal

Hai, MedForians!

Perkembangan ponsel pintar semakin menjadi-jadi. Kali ini datang dari lini gaming. Dengan semakin meningkatnya spesifikasi dan performa yang dihasilkan, dikhawatirkan ponsel tersebut akan semakin panas. Untuk sejauh ini, beberapa sudah menerapkan sistem pendinginan pasif. Seperti: memakai heatsink atau dibekali heatpipe.

Namun seiring berkembangnya waktu, sistem pendinginan akan berubah menjadi sistem pendinginan aktif. Ya, nantinya sebuah ponsel pintar akan memiliki kipas layaknya desktop PC atau laptop.

Salah satunya adalah Nubia Red Magic 3, ponsel gaming yang digadang-gadang jadi ponsel pertama yang dibekali kipas pendingin internal. Ponsel ini pertama kali diperkenalkan dalam sebuah acara di Tiongkok pekan lalu.

Bukan hanya pajangan

Dilansir dari Kompas Tekno, Senin (29/4), berbeda dengan yang dimiliki Asus ROG Phone, yang kipasnya hanya sebuah aksesori tambahan. Nubia Red Magic 3 memiliki kipas yang telah terpasang di dalamnya. Kipas ini berfungsi sama dengan yang di komputer, yakni membuang panas ke luar tubuh ponsel. Tentu saja, ukurannya jauh lebih kecil dibanding kipas di laptop atau desktop. Kipas di ponsel ini diklaim senyap saat beroperasi dan tak menguras baterai meski bisa berputar hingga sekencang 14.000 RPM (putaran per menit). Kecepatan kipas ini bisa diatur lewat aplikasi yang terpasang pada ponsel tersebut.

BACA JUGA :  Problem Muncul Selama Beta Test, Perilisan Tales of Crestoria Ditunda

Selain kipas yang berfungsi sebagai pendingin aktif, ponsel ini juga dibekali pendingin pasif berupa liquid cooling, mirip dengan yang terdapat di ponsel gaming lain seperti Asus ROG Phone atau Xiaomi Black Shark.

Spesifikasi teknis

Ponsel ini memiliki bentang layar 6,65 inci FullHD+ dengan panel AMOLED. Layar ini mengusung aspek rasio 19,5:9. Tak ada poni (notch) di bagian depan ponsel ini. Soal kamera, ponsel ini punya satu kamera 48 megapiksel (f/1.7) di bagian belakang dan satu kamera 16 megapiksel (f/2.0) di bagian depannya.

“Jeroan” dari Nubia Red Magic 3 juga tidak mau kalah. Ditenagai dengan Snapdragon 855 dengan tiga pilihan kapasitas RAM (6 GB, 8 GB, dan 12 GB) dan tiga pilihan kapasitas memori internal (64 GB, 128 GB, dan 256 GB). Ada juga baterai 5.000 mAh, Quick Charge 4.0, dua tombol shoulder untuk bermain game, serta OS Android 9.0 Pie dan pemindai sidik jari di punggung.

BACA JUGA :  Empat Keunggulan Teknologi Wireless yang Perlu Kalian Ketahui, Apa Saja?

Model Nubia terbaru ini juga hadir dengan banyak fitur game-centric. Misalnya, ada dukungan mikrofon gaming khusus yang dapat meminimalisir kebisingan saat melakukan percakapan ketika berbicara dengan rekan satu tim dalam sebuah permainan.

Harga

Ponsel ini rencananya akan mulai dijual pada 3 Mei mendatang di Tiongkok. Belum diketahui pasti kapan akan dipasarkan secara internasional. Ponsel ini dibanderol mulai dari 2.899 yuan atau Rp 6,1 juta hingga 4.299 yuan atau Rp 9 juta

Kembali ke Atas

BACA JUGA...

×