Powerbeats Pro, Earphone Nirkabel Pertama dari Beats

Teknologi 6 Apr 2019

Hai, MedForians!

Earphone yang benar-benar wireless telah hadir dari Beats!

Earphone Nirkabel Perdana

Anak perusahaan pembuat perangkat audio Apple, Beats Electronics, telah merilis earphone nirkabel perdananya yang bernama Powerbeats Pro.

Dikutip dari KompasTekno, earphone ini dikabarkan menjadi penerus dari generasi sebelumnya, yaitu PowerBeats3. Earphone tersebut pertama kali rilis pada Oktober 2016 lalu.

PowerBeats Pro juga digadang-gadang sebagai pesaing baru untuk AirPods generasi kedua.

Perlu diketahui, AirPods adalah earphone wireless milik Apple sendiri.

Bentuk Elegan

Produk terbaru dari Beats ini memiliki bentuk yang mirip dengan generasi sebelumnya, yaitu PowerBeats3. Kemiripan tersebut kemudian ditambahkan oleh sebuah pengait earphone untuk kenyamanan pemakaian oleh pengguna.

Namun, terdapat suatu perbedaan utama dibandingkan versi sebelumnya. Powerbeats Pro kali ini dibekali dengan ukuran yang 23 persen lebih kecil dan 17 persen lebih ringan. Kemudian, produk terbaru ini tidak akan memiliki kabel.

Spesifikasi

Deskripsi Powerbeats Pro (Sumber: Patently Apple)

Untuk mesin utama, perangkat ini dibekali dengan chip H1 yang dibuat oleh Apple. Chip ini sebelumnya sudah pernah digunakan pada AirPods 2.

Dengan menggunakan chip yang sama, maka earphone ini memiliki kemampuan untuk memanggil asisten digital Siri. Cara pemanggilannya cukup dengan perintah suara tanpa perlu menyentuk tombol apapun. Hal ini tentunya akan mempermudah pengguna, terutama untuk perangkat buatan Apple.

Sebagai produk tingkat high-end, tentunya kualitas suara yang dihasilkan akan diatas rata-rata. Earphone ini dibekali dengan teknologi linear piston driver yang menggunakan tekanan udara sekitar.

Sehingga, kualitas suara yang dihasilkan akan menjadi lebih jernih tanpa adanya noise berlebih.

Semua kelebihan ini akan sia-sia apabila perangkat tidak dapat digunakan lama-lama. Sehingga, Beats membekali perangkat ini dengan kemampuan playback berkelanjutan selama 9 jam untuk sekali pengisian penuh. Durasi pemutaran musik ini dapat dipanjangkan lagi durasninya apabila sambil menggunakan charging case.

Dengan tidak adanya kabel, maka perangkat ini akan menggunakan tempat atau case khusus untuk pengisian daya. Teknologi ini mirip seperti produk saingannya, yaitu AirPods 2. Selain itu, earphone ini juga mendukung teknologi fast charging, seperti durasi playback 1,5 jam untuk pengisian daya lima menit.

Produk terbaru dari Beats ini juga memiliki beberapa tombol navigasi untuk memudahkan pengguna. Pada sisi earphone, terdapat beberapa tombol kendali, seperti tombol volume dan track control.

Selain itu, terdapat juga sensor pintar yang dapat menghentikan pemutaran musik apabila perangkat terlepas dari telinga. Nantinya, musik dapat diputar kembali apabila sudah dipasang pada telinga.

Supaya dapat bertahan lama, Powerbeats Pro memiliki beberapa sertifikat, yaitu sweat resistant dan water splash resistant. Walaupun begitu, perangkat ini tidak memiliki kemampuan tahan air penuh.

Rilis

Variasi warna yang ditawarkan (Sumber: AP News)

Saat ini, Powerbeats Pro tersedia dalam beberapa macam warna, yaitu White, Ivory, Black Moss, dan Navy.

Saat ini perangkat tersebut dijual mulai dari harga $250 atau sekitar Rp 3,5 juta.

Nantinya, Beats akan merilis produk ini secara resmi pada bulan Mei mendatang.

Bagaimana, MedForians! Ingin memiliki produk baru dari Beats? Yuk berikan tanggapannya!

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast