Resmi Rilis di Korea, Galaxy S10 5G Cetak Sejarah

Teknologi 8 Apr 2019

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari Galaxy S10 versi 5G yang baru saja dirilis di Korea Selatan, dan mencetak sejarah sekaligus.

Dilansir dari detikInet, Minggu (7/4), smartphone dari seri Galaxy S10 ini sendiri disebut-sebut menorehkan sejarah sebagai smartphone pertama yang mendukung jaringan 5G.

Dirilisnya Galaxy S10 5G memang bertepatan dengan dimulainya komersialisasi 5G di Negeri Ginseng. Jaringan mutakhir ini dikatakan begitu cepat, misalnya dapat download sebuah film dalam hitungan detik.

Operator SK Telecom, KT dan LG Uplus telah mengadakan event di Seoul untuk memperkenalkan Galaxy S10 5G. Adapun harganya paling murah dipatok sekitar USD 1.200.

Implementasi menarik 5G misalnya live streaming acara olahraga atau materi kuliah tanpa kendala. Manfaat lainnya adalah di bidang virtual reality yang akan dapat disaksikan secara real time serta tanpa jeda sama sekali, dan resolusinya pun lebih bagus.

Jaringan 5G diprediksi bakal segera digelar beberapa negara lain, dan tentu saja produsen smartphone selain Samsung sudah sibuk mempersiapkan perangkatnya untuk diluncurkan.

Untuk spesifikasi, dilansir dari Viva.co.id, Galaxy S10 5G masih memiliki desain yang hampir sama dengan saudara kandungnya, namun yang menonjol adalah terdapat logo 5G di bagian belakang. Ponsel ini memiliki layar 6,7 inci, lebih besar 20 persen dibanding yang lainnya.

Untuk baterainya terdapat peningkatan menjadi 4.500mAh, karena 5G diketahui akan menyedot ekstra baterai. Pada bagian fotografi, perusahaan juga menambahkan satu kamera, ialah lensa Time of Flight (ToF) yang berfungsi untuk Augmented Reality (AR), bokeh pada latar belakang dan fotografi minim cahaya.

ToF juga hadir di kamera depan dengan resolusi 8MP. Samsung juga menanamkan fitur Universal Flash Storage (UFS) 3.0, berfungsi untuk menggandakan kecepatan penyimpanan. Mereka mengklaim bisa melakukan kecepatan baca hingga 2.100MB/s dan 410MB/s.

Lalu kecepatan pengisian daya juga ditingkatkan ke 25W dari 15W. Untuk pilihan warnanya sendiri ialah hitam, putih dan emas, namun bisa saja berbeda untuk pasar global. Kemudian kecepatannya diketahui bisa mencapai 47Mbps, bahkan diluar ruangan bisa mencapai 430Mbps.

Pengunduhan game populer dengan ukuran 1.9GB dengan 4G dapat diselesaikan dalam waktu enam menit, 28 detik. Namun, 5G melakukannya lebih cepat, hanya 1 menit 51 detik. Artinya dengan jaringan baru, kecepatan pengunduhan menjadi 20 kali lipat lebih cepat.

Galaxy S10 5G sendiri setelah dipasarkan di Korsel akan menyapa pasar Amerika Serikat. Negeri Paman Sam itu juga telah memulai komersialisasi 5G secara terbatas, dimana pre-order dimulai 18 April mendatang, dan stok tersedia mulai 16 Mei 2019. Ponsel dengan varian 256Gb dibanderol US$1,230 atau sekitar Rp17 juta. Sedangkan untuk 512GB ialah US$1,350 atau Rp19 juta.

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.