[Review] Revue Starlight! Re-Live, Game yang Padukan Musik dan RPG

Gaming 24 Apr 2019

Hai, MedForians!

Ulasan kali ini hadir dari game terbaru milik Bushiroad dan Ateam berjudul Revue Starlight. Game ini sendiri diadaptasi dari lanjutan dari seri anime “Shoujo kageki Revue Starlight”.

Game yang memiliki tagline “Bernyanyi, menarilah, dan saling rebut!” ini mengisahkan tentang sang protagonis utama, Karen Aijo, yang ingin tampil sebagai “Stage Girl” bersama dengan teman masa kecilnya, Hikari Kaguya.

Untuk bisa menjadi seorang “Stage Girl”, Karen Aijo dan semua karakter di dalamnya, harus menjalankan sebuah “Audition” dan saling merebut “Starlight” dari yang lain.

Game ini dirilis di Jepang pada 21 Oktober 2018, dan baru dirilis untuk server global pada 21 April kemarin.

Langsung saja ke ulasan game Revue Starlight!. Untuk tampilan screen menu sendiri, pemain akan disambut oleh salah satu karakter di main screen.

Semua tombol menu pada main screen ada di pinggir layar. Bagian kanan terdapat menu untuk fitur game seperti team formation, upgrade skill, upgrade memoir, gacha, shop, dan mission. Lalu, tombol yang mencolok adalah Stage dan My room.

Sedangkan bagian kiri diisi profil pemain dan menu tambahan, seperti present list, item list, settings, dll. Lalu di bagian atas terdapat bar stamina, gold, dan jewel.

Meskipun tombol menunya lumayan banyak, namun bisa dibuat minimalis sehingga terlihat cukup lebar. Background dari menu utama adalah kaki kaki Tokyo Tower, latar belakang yang sering muncul di anime nya.

Untuk gameplay-nya sendiri mengusung turn base game, seperti lumrahnya game J-RPG yang sudah ada sebelumnya. Setiap stage ada 3 wave dan setiap wave ada 30 turn.

Untuk mendapat 3 bintang setiap stage (Maksimal bintang), pemain harus bisa menyelesaikan stage, semua karakter masih hidup, dan selesai dibawah 12 turn.

Namun, sebelum memasuki stage, pemain harus menyusun formasi, dimana ada jumlah slot yang dimaksimalkan.

Selain itu, para karakter disarankan dipasangkan memoirs dan revue song, yang berguna untuk memberikan buff tersendiri bagi setiap karakter yang akan dimainkan.

Untuk upgrade karakter, pemain membutuhkan drop item. Pemain juga dipermudah dalam melakukan grinding. Salah satu fitur yang diberikan untuk urusan grinding adalah skip stage.

Pemain bisa skip satu stage maksimal 10 kali, dan mendapat peluang drop item sama seperti ketika melakukan 10 kali stage.

Drop item nya tetap random, atau bahkan tidak mendapatkan drop item. Stage yang bisa diskip hanya stage yang memiliki 3 bintang. Drop item ini sendiri sangat berguna untuk menaikkan skill level setiap karakter. Skill level sendiri bisa dinaikkan di fitur skill panel.

Kembali ke gameplay, gameplay-nya sendiri membawakan desain karakter yang telah menggunakan 3D karakter dengan gerakan animasi yang sudah halus dan beragam.

Gerakan animasi dalam attack animationnya saja berbeda setiap karakter, tergantung jumlah AP dan climax attack.

Selain itu, seperti biasa, pemain bisa memainkan main story, event story, pvp, hingga potential bloom. Main story dan event story sendiri memiliki cerita layaknya visual novel pendek. Namun, di main story, akan dibagi dua kisah, satu kisah utama, dan kisah lainnya terkait masing-masing para siswi akademi.

Cerita lainnya adalah potential bloom. Potential bloom sangat berguna untuk menaikkan bintang setiap para karakter, sehingga semakin kuat. Potential bloom sendiri hanya dibatasi sebanyak lima kali dalam sehari.

Dari pengalaman bermain game ini, redaksi merasakan bahwa rarity, level, maupun skill yang semakin naik bisa mempermudah untuk mengalahkan musuh, baik di mission story, event story, hingga pvp sekalipun.

Susunan formasi pvp berbeda dengan formasi untuk story. Jika slot formasi story bisa meningkat setiap pemain naik tingkat, maka untuk slot formasi pvp hanya dibatasi 40.

Peluang rate ssr gachanya tidak selaknat game Granblue Fantasy maupun Fate/Grand Order, dan pemain bisa me-redo gachanya dengan 3000 stars.

Jika karakter yang didapatkan double, pemain akan mendapatkan jewel, dan bisa ditukar di shop untuk membeli potential bloom. Namun, jika yang double adalah memoirs, pemain bisa melakukan ground break untuk upgrade memoirs.

Di shop sendiri, selain potential bloom, pemain juga bisa berbelanja untuk drop item, upgrade memoirs, hingga berbelanja dari item pvp.

Fitur lainnya adalah My Room. My Room sendiri bisa didesain oleh pemain sebagus mungkin. Setiap furniture di My Room bakal memunculkan setiap item untuk menaikkan karakter, seperti gold, lesson ticket, dll.

Secara gameplay game ini sangat menarik karena menggunakan 3D karakter dan animasinya yang lumayan kaya dan halus. Hanya saja, redaksi merekomendasikan untuk menggunakan koneksi Wi-Fi, karena bakal memakan banyak kuota internet.

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.