Menu Tutup

Sambut Era Reiwa, TVRI Siarkan Langsung Penobatan Kaisar Jepang

Hai, MedForians!

Setelah pengumuman mengenai nama untuk era penanggalan Jepang yang baru, Reiwa, prosesi pewarisan takhta Kaisar Jepang berlanjut. Dengan penobatan kaisar yang baru, Naruhito, secara resmi Jepang akan masuk ke dalam era Reiwa.

Upacara pergantian kekuasaan dari Kaisar Akihito kepada Putra Mahkota Naruhito direncanakan akan digelar pada 1 Mei 2019 dan akan menjadi peresmian dimulainya era Reiwa.

Televisi Republik Indonesia akan menayangkan secara langsung penobatan dan pemahkotaan Kaisar Jepang yang baru. Pengumuman ini disampaikan melalui laman Facebook resmi milik mereka.

Upacara penobatan ini akan mulai disiarkan secara langsung oleh TVRI pada hari Rabu, tanggal 1 Mei 2019, pukul 08.30 WIB.

BACA JUGA :  Haruna Kawaguchi Bintangi Live Action Gokushufudou

Siaran langsung ini diharapkan agar masyarakat seluruh dunia melihat dan mengetahui segala prosesi penobatan baik tradisional maupun militer modern.

Sedikit tentang era baru Kekaisaran Jepang

Pada awal bulan lalu, Pemerintah Jepang melalui Kepala Sekretariat Kabinet Yoshihide Suga, mengumumkan nama baru era Kekaisaran Jepang yang menggantikan era Heisei pada tahun ini. Nama kekaisaran baru ini adalah Reiwa (令和).

Nama Reiwa terdiri dari dua kanji yang bermakna “keunggulan” (Rei/令) dan “kedamaian” (Wa/和). Nama ini diambil dari kumpulan puisi tertua Jepang, yaitu Man’yōshū.

Perbedaan kali ini dari pengumuman era baru Reiwa dibanding pendahulunya, Heisei, Showa, Taisho, dan Meiji, adalah pemerintah mengumumkan saat kaisar yang berkuasa masih hidup. Pasalnya, Kaisar Akihito telah mengumumkan pada Agustus 2016 keinginannya turun takhta karena faktor usia dan kesehatan yang semakin menurun.

BACA JUGA :  Kano Rilis MV untuk Lagu Pembuka Uzaki-chan wa Asobitai

Kembali ke Atas

BACA JUGA

Yuk, Berkomentar!

×