Menu Tutup

Sering “Di-invite” Grup WhatsApp? Yuk Cek Solusinya!

Sering “di-invite” Grup WhatsApp? Yuk Cek Solusinya!

Hai, MedForians!

Salah satu permasalahan utama aplikasi ini akan segera terselesaikan!

Undangan Grup

Pernah mendadak dimasukkan ke dalam sebuah grup WhatsApp tanpa pemberitahuan atau persetujuan sebelumnya?

Sebagai salah satu platform chatting terbesar di dunia, akan ada kemungkinan kita dimasukkan ke suatu grup secara tiba-tiba.

Kejadian masuk grup secara mendadak tanpa persetujuan tentunya adalah hal yang cukup menyebalkan. Hal ini terkadang membuat pengguna untuk merasa malas dan repot dalam menggunakan platform ini. Selain itu, hal ini merupakan masalah privasi yang ada di platform chatting ini sejak lama.

Untungnya, pihak mereka akan segera memberikan solusi berupa pembatasan siapa saja yang bisa mengundang pengguna ke dalam sebuah grup. Admin grup pun tak bisa lagi sembarangan menambah orang ke sebuah grup. Pembatasan ini bisa ditemukan di dalam pengaturan grup pada aplikasi ini, yakni di Settings > Account > Privacy > Groups.

BACA JUGA :  BREAKING NEWS: Dini Hari Ini, Instagram Kembali Down (Update: Kini Sudah Kembali Normal)
Screenshot langkah-langkah membatasi undangan grup (Sumber: The Venture / KompasTekno)

Apabila ingin mengundang pengguna WhatsApp yang membatasi telah membatasi perlakuan tersebut, admin grup WhatsApp harus mengirim tautan berisi link undangan untuk masuk grup lewat japri atau jalur pribadi (chat pribadi) ke pengguna terkait.

Individu pengguna yang diundang masuk ke grup tadi lantas bisa menimbang-nimbang apakah akan ikut bergabung dengan mengklik tautan undangan atau tidak. Invitation link ini berlaku selama 72 jam.

Cukup Mengganggu

Sebelumnya, tidak adanya batasan bagi admin grup WhatsApp untuk menambah orang lain ke dalam grup disinyalir sering menjadi sarana penyebaran hoaks atau spam.

Dikutip dari KompasTekno, dikatakan bahwa pihak WhatsApp akan merilis fitur pembatasan undangan grup secara bertahap mulai hari ini.

Sebelumnya, fitur pembatasan group invite diketahui sudah mulai diuji coba di aplikasi WhatsApp iOS dan Android sejak versi beta 2.19.55.

BACA JUGA :  Sidang MK Kondusif, Kominfo Pastikan Tak Ada Pembatasan Medsos

Apabila belum tersedia, kemungkinan pengguna masih harus menunggu hingga kebagian fitur pembatasan undangan grup. Pastikan juga untuk update WhatsApp ke versi teranyar lewat Google Play Store atau Apple App Store agar tidak melewatkan pembaruan ini.

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian pernah di-invite ke grup tanpa persetujuan? Yuk berikan tanggapannya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×