Snapchat Rilis Ulang Aplikasinya, Lebih Cepat dan Tidak "Ngebug"

Teknologi 9 Apr 2019

Hai, MedForians!

Salah satu platform media sosial ini telah merilis ulang aplikasinya!

Lahir Kembali

Snap Inc., perusahaan yang memegang aplikasi Snapchat, telah merilis ulang aplikasinya pada ekosistem Android. Pengumuman ini datang setelah sekian lama, yaitu pada awal 2018.

Pada tahun tersebut, Snap menjanjikan performa aplikasi media sosialnya untuk Android yang sama dan dapat menyaingi aplikasi versi iOS.

Sepertinya harapan itu sudah dapat terwujud sekarang.

Aplikasi “revisi” ini dirancang dan diharapkan akan menghadirkan pengalaman pengguna dengan performa tinggi dan sedikit hingga tidak adanya bug apapun.

https://twitter.com/Snapchat/status/1115298256798482433?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1115298256798482433%7Ctwgr%5E363937393b70726f64756374696f6e&ref_url=https%3A%2F%2Fwww.theverge.com%2F2019%2F4%2F8%2F18300720%2Fsnapchat-android-app-rebuilt-release-speed-bugs-features

Dikutip dari The Verge, dan XDA Developers, pengembangan ulang aplikasi ini sudah berlangsung selama beberapa waktu. Awalnya, pihak developer dari Snap membuat “patch” dan pembaharuan lainnya untuk mengatasi permasalahan pada versi sebelumnya.

Namun, ternyata aplikasi versi Android mereka sepertinya perlu didesain ulang dari awal untuk menghasilkan performa sesuai ekspetasi perusahaan

Aplikasi yang baru ini telah dirancang dengan beberapa faktor pertimbangan, seperti ekosistem Android yang luar biasa besar dan kompleks, yaitu banyaknya perangkat keras yang harus didukung. Hal ini terutama sulit dengan melihat berbagai macam ponsel dengan spesifikasinya masing-masing yang beredar di pasaran. Ponsel tersebut juga ada yang memiliki performa tinggi hingga sudah “pas-pasan”.

XDA Developers sempat mendapatkan aplikasi yang telah dirancang awal ini padas saat masih tahap alpha. Terdapat juga artikel yang memberikan cara-cara untuk memasang aplikasi ini dengan metode root.

CEO dari Snap Inc juga sempat mengatakan bahwa aplikasi ini akan rilis pada “akhir tahun”, yaitu akhir tahun 2018, tapi sepertinya deadline ini harus diperpanjang hingga baru-baru ini.

Setelah menghadapi permasalahan tersebut, akhirnya proyek dari Snap ini sudah selesai. Kali ini pembaharuan untuk aplikasi Snapchat versi Android diharapkan dapat datang lebih cepat dan tidak mengganggu pengguna. Jadwal pembaharuan ini juga dikatakan akan “sinkron” dengan aplikasi versi iOS.

“Dengan fondasi baru ini, saya tidak akan kaget apabila akan terdapat hal-hal (fitur, pembaharuan, dan lain-lain) datang pada versi Android terlebih dahulu daripada versi iOS), ungkap Vice President Snap Jacob Andreou pada saat diwawancarai oleh Android Authority.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast