Sony Umumkan Bocoran Prosesor Yang Digunakan PlayStation 5

Gaming 19 Apr 2019

Hai MedForians!

Beberapa saat yang lalu, Sony secara terang-terangan telah membeberkan spesifikasi dari konsol penerus PlayStation 4, yakni PlayStation 5.

Meski sampai saat ini belum dapat dipastikan kapan akan diluncurkan, PlayStation 5 akan membawa fitur dan segala keunggulan yang lebih canggih ketimbang PlayStation 4.

Merk Cerny, salah satu eksekutif Sony yang bertangung jawab merancang mesin PS4, menungkap spesifikasi konsol PlayStation 5. Dilansir dari Kompas Tekno dan Wired, Rabu (18/4), menurut Cerny dalam sebuah wawancara dengan wired PS5 akan menggunakan prosesor buatan AMD Ryzen generasi ketiga.

Walaupun dengan menggunakan prosesor dengan arsitektur serupa dengan PS4, PS5 bisa menjalankan aneka game yang dibuat untuk PS4. Bukan hanya itu, kinerja PS4 juga akan meningkat ketika berjalan di PS5.

Cerny sempat mendemonstrasikan game Spiderman yang membutuhkan waktu loading 15 detik di PS4 Pro. Lanjutnya, ia menjalankan game tersebut di sebuah perangkat developer kit PS5. Hasilnya mengejutkan karena hanya memakan waktu 0,8 detik untuk loading.

Ini bisa terjadi karena PS5 dibekali dengan media penyimpanan Solid State Drive (SSD) yang dirancang khusus untuk PS5 dengan pendahulunya yang menggunakan harddisk koncensional. Cerry sendiri belum menyebutkan konsol tersebut sebagai “PlayStation 5”. Nama tersebut hanya sekadar prediksi publik.

Prosesor Ryzen di PS5 dibuat menggunakan fabrikasi 7nm dengan ditemani GPU AMD Radeon Navi. Kombinasi tersebut yang ditambah SSD yang membuat PS5 akan jauh meningkat kinerjanya dibandingkan pendahulunya.

Berbagai fitur terbaru juga akan dihadirkan di PS5 seperti, dukungan ray tracing untuk efek pencahayaan realisitis dan kemampuan resolusi 8K.

Sector audio tidak mau ketinggalan dengan diperbarui dan ditangani oleh prosesor khusus suara yang juga dibuat oleh AMD. Cerny juga menjajikan kualitas audio PS5 akan meningkat jauh dibandingkan pendahulunya.

Pengembangan PS5 sendiri kini masih berada di tahap uji coba oleh prara pengembang game lewat perangkat developer kit. Belum dijelaskan kapan PS5 akan dilepas ke pasaran.

Bagaimana MedForians? Tertarik memboyong PS5? Yuk jangan lupa berikan tanggapannya!

Tag

Rafli Ramadhan

Instagram : @ram.dhaann