Spotify Lite Hadir Di Indonesia, Apa Saja Fiturnya?

Teknologi 16 Apr 2019

Hai MedForians!

Setelah sekian lama menunggu, akhirnya Spotify Lite dapat diunduh di Indonesia. Apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh versi hemat dari Spotify ini?

Spotify Lite ini masih dalam versi Beta, namun pengguna ponsel Android sudah bisa mencobanya melalui Google Play Store. Spotify Lite pertama kali diperkenalkan pada pertengahan 2018 lalu dan dirilis di beberapa wilayah dunia.

Aplikasi untuk mengakses layanan music-streaming Spotify ini diklaim lebih ramah untuk smartphone lawas karena hanya berukuran 15 MB atau sekitar 50 persen lebih kecil ketimbang aplikasi Spotify reguler. Lantas, selain ukuran aplikasi yang lebih kecil, apa saja perbedaan Spotify Lite dengan Spotify versi standar?

Atur Penggunaan Kuota Data

Opsi untuk mengatur penggunaan kuota data maksimal dalam sebulan.

Salah satu keunggulan dari Spotify Lite ini ialah fitur untuk membatasi penggunaan kuota data internet pada aplikasi dalam sebulan. Spotify Lite menyediakan 6 pilihan batas maksimal yakni 250MB, 500MB, 750MB, 1GB, 2GB, dan 3GB setiap bulan. Dengan begitu, pengguna bisa lebih leluasa mengalokasikan kuota yang dimiliki untuk digunakan mendegarkan musik secara streaming melalui Spotify Lite tanpa takut kuota ‘jebol’.

Tidak ada Mode Offline

Spotify Lite tidak bisa menggunakan mode Offline karena demi memangkas ukuran aplikasi agar menjadi lebih kecil dan ringan. Fitur ini tidak hadir pada Spotify Lite sehingga pengguna mau tak mau harus menggunakan kuota data seluler jika menggunakan aplikasi versi ringan tersebut.

Kemudian “Spotify Connect” juga tak tersedia pada versi Lite. Fitur ini sejatinya berfungsi agar pengguna bisa menyambungkan akses playback dari smartphone ke laptop atau speaker, sehingga lebih fleksibel.

Pengaturan kualitas audio, yakni “Low”, “Medium”, dan “High” pun tidak akan ditemukan pada Spotify Lite. Hanya ada audio berkualitas standar.

Fitur berikutnya yang absen pada Spotify Lite adalah Podcast. Pengguna tidak akan dapat menemukan konten-konten Podcast pada Spotify Lite sehingga aplikasi ini hanya dapat dipakai untuk mendengarkan musik saja.

Dengan demikian, bagi pengguna yang memiliki akun Spotify Premium, akun tersebut tetap dapat digunakan pada Spotify Lite. Hanya saja, fitur yang didapatkan tetap akan terbatas. Pada Spotify Lite, fungsi utama akun premium sebatas untuk menghilangkan jeda iklan saja.

Bagaimana menurut MedForians, apakah berminat untuk mencoba bahkan pindah ke Spotify Lite?

Tag

Muhammad Fadly Saripudin

Tech & J-Pop Enthusiast | Graphic Design and Videography