Tata Ulang Frekuensi Selesai, Internet Telkomsel Diharapkan Lebih Baik

Teknologi 7 Apr 2019

Hai, MedForians!

Sejak 25 Februari hingga 1 April 2019, Telkomsel telah menyelesaikan penataan ulang pita frekuensi 800 MHz dan 900 MHz.

Dilansir dari Kompas Tekno, Sabtu (6/4), dalam penataan tersebut terdapat 42 cluster nasional yang mencakup 34 provinsi, mulai dari Papua, Maluku, dan Jawa Timur.

Proses tersebut dilakukan di bawah pantauan Kominfo dengan adanya perencanaan, eksekusi dan pemantauan ketat. Proses tersebut diklaim berjalan lancar tanpa mengaami gangguan yang berarti.

“Dengan dilakukannya proses ini, pita frekuensi Telkomsel di 800 – 900 MHz menjadi kontinyu 15 MHz”, ujar Bob Apriawan, Direktur Network Telkomsel.

Dengan demikian, Telkomsel dapat memanfaatkan teknologi LTE 10-15 MHz dan menurut Bob, pelanggan dapat menikmati kecepatan internet yang lebih maksimal dan stabil.

Selain itu, proses tersebut juga disebut memberikan efisiensi spketrum yang memungkinkan akselerasi perluasasn cakupan layanan LTE hingga 95 persen populasi. Manfaat tersebut dan manfaat-manfaat lainnya juga nantinya dapat diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kominfo, Ismail menyampaikan apresisasi setinggi-tingginya atas upaya Telkomsel. Usaha yang dimaksud adalah menyelesaikan rangakain proses tersebut dengan tanpa keluhan pelanggan yang berarti.

“Dengan selesainya seluruh proses tersebut, maka pita frekuensi radio 800 MHz dan 900 MHz sekarang telah berdampingan (contiguous) sehingga masyarakat pengguna layanan seluler dapat menikmati kualitas yang lebih baik,” ujar Ismail.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 29 Tahun 2019, penyelenggara Jaringan Bergerak Seluler wajib melakukan penataan ulang pita frekuensi radio 800 MHz dan 900 MHz yang saat ini terpisah (non-contiguous) menjadi berdampingan (contiguous).

Dengan demikian, setiap penyelenggara jaringan bergerak selular memiliki keleluasan dalam pemanfaatan pita frekuensi sesuai dengan teknologi. Selain keleluasan, penangkalan yang paling sesuai dengan kondisi trafik layanan selulernya pada suatu area tertentu.

Dengan begitu, pada akhirnya masyarakat sekarang dapat menikmati kualitas layanan yang lebih baik.

Bagaimana MedForians? Apakah kalian gembira dengan kabar diatas? Yuk jangan lupa berikan tanggapannya!

Tag

Rafli Ramadhan

Instagram : @ram.dhaann