Tencent Start, Layanan Cloud Gaming Pesaing Google Stadia

Gaming 5 Apr 2019

Hai MedForians!

Tencent akan terjun ke dunia game streaming!

Layanan Baru

Layanan Streaming saat kini mulai memarak dan sepertinya akan terus berlanjut. Setelah Google beberapa saat yang lalu mengumumkan Stadia pada bulan lalu, kini Tencent dikabarkan sedang menguji coba layanan serupa.

Salah satu raksasa teknologi asal China ini baru saja meluncurkan situs untuk layanan streaming game yang akan dinamai ‘Start’. Untuk deskripsi yang tertera di situs tersebut menyebutkan bahwa pengguna bisa memainkan game di berbagai perangkat.

Hal tersebut menandakan bahwa situs ini memang untuk layanan streaming game. Layanan streaming game memungkinkan pengguna unuk memainkan game di mana saja karena semuanya dijalankan lewat cloud.

Uji coba layanan ini sudah mulai dibuka untuk publik. Para gamers yang tinggal di kota Shanghai dan Guandong di China sudah bisa mendaftar untuk menguji layanan ini.

Mengingat Start masih dalam tahap uji coba, dan belum diketahui kapan layanan ini akan diluncurkan. Tencent sendiri mengatakan bahwa pengembangan ini masih di tahap awal.

Dilansir dari detikINET dan CNBC, “Cloud gaming merupakan tren yang sedang berkembang, dan mengingat kemampuan teknis dan portofolio game yang kaya, kami sedang melakukan beberapa riset internal untuk mengevaluasi berbagai kemungkinan,” ujar juru bicara Tencent, Kamis (4/4/2019).

Beberapa saat yang lalu juga, Tencent juga sempat memamerkan layanan streaming game yang dinamai ‘Instant Play’. Layanan ini merupakan hasil kerjasama antara Tencent dengan Intel.

Kemudian, pada gelaran Game Developers Conference di San Fransisco, Amerika Serikat, mereka juga sudah mulai mendemonstrasikan Instant Play. Akan tetapi, tidak diketahui apakah Start merupakan versi rebrand dari Instant Play, atau apakah keduanya merupakan dua layanan yang berbeda.

Jika layanan ini akan segera meluncur dalam waktu dekat, maka Tencent akan menghadapi competitor yang tidak sedikit. Selain Google yang mengeluarkan layanan yang serupa, Microsoft dengan layanan yang dinamai xCloud dan juga SONY dengan Playstation Now juga akan meramaikan pasar.

Tencent setidaknya memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan Google. Yaitu Tencent sendiri merupakan pengembang game dan lebih mampu untuk menciptkaan konten sendiri untuk platform mereka.

Bagaimana MedForians? Apakah kalian menunggu layanan tersebut hadir di Indonesia? Yuk jangan lupa berikan tanggapannya!

Tag

Rafli Ramadhan

Instagram : @ram.dhaann