Tiga Layanan Tumbang Bersamaan, Facebook Minta Maaf

Teknologi 15 Apr 2019

Hai, MedForians!

Tiga media sosial ini sempat tidak tersedia bersamaan!

Permintaan Maaf

Kemarin, pada Minggu (14/4/2019), layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp mendadak tidak bisa diakses. Setelah sempat tumbang, pemimpin Facebook sekaligus pemilik ketiga layanan tersebut, Mark Zuckerberg, memastikan bahwa layanan mereka sudah kembali normal.

Namun, saat ini belum diketahui penyebab pasti mengenai masalah tersebut.

Selain itu, Facebook kemudian mengumumkan permintaan maafnya kepada netizen dan pengguna layanan mereka.

Dikutip dari Detik INET dan Reuters, “(Pada Minggu) beberapa pengguna layanan mungkin mengalami masalah pada sambungan koneksi pada aplikasi kami. Masalah ini telah diselesaikan, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,”  ungkap juru bicara Facebook.

Masalah Koneksi

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Facebook, Instagram, dan WhatsApp dikabarkan tidak bisa diakses selama beberapa waktu pada hari Minggu (14/9/2019) petang.

Ketiadaan akses ini terjadi secara global, mulai dari Eropa hingga Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

#Facebook down across Britain as outage also hits WhatsApp and Instagramhttps://t.co/WsIGKutwpm #FacebookDown pic.twitter.com/DpR4vgNfuc— Daily Star (@Daily_Star) 14 April 2019

Seperti yang ditampilkan pada status Twitter diatas, terlihat wilayah mana saja yang terdampak, khususnya benua Eropa.

Gambar lokasi yang terdampak oleh malsalah koneksi Facebook (Sumber: Detik INET)

Untuk wilayah luar Eropa, terlihat juga negara lain yang terdampak oleh permasalahan koneksi ini. Negara yang ikut terdampak mulai dari Filipina, Malaysia, Kamboja, negara-negara Eropa, Amerika Serikat, dan negara-negara lain.

Kejadian ini mulai terungkap saat para netizen pindah ke platform media sosial “tetangga” yang tidak kalah populernya, yaitu Twitter. Pada media sosial tersebut, muncul berbagai hashtag seperti #FacebookDown, #InstagramDown, dan #WhatsAppDown. Ketiga hashtag tersebut pun menjadi topik trending pada Twitter.

Beberapa waktu yang lalu, yaitu sekitar satu bulan yang lalu, sempat terjadi kejadian yang serupa. Facebook, Instagram, dan WhatsApp dikabarkan tidak bisa diakses selama lebih dari 24 jam.

Masalah koneksi yang rerjadi sekarang dinilai tidak terlalu parah dibandingkan kejadian sebelumnya.

Menurut data dari Downdetector.com, terdapat sekitar 12 ribu orang yang melaporkan masalah akses terhadap Facebook.

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian juga sempat tidak bisa menggunakan ketiga layanan media sosial tersebut? Yuk berikan tanggapannya!

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast