WhatsApp Uji Coba Tema Mode Gelap di Android

Teknologi 2 Apr 2019

Hai MedForians!

Tren mode gelap sepertinya semakin menyebar!

Uji Coba

Salah satu aplikasi chatting terpopuler di dunia sepertinya seddang mencoba fitur baru.

Fitur baru tersebut adalah tampilan Dark Mode atau mode gelap.

Tema ini dikatakan telah hadir di WhatsApp versi beta, yaitu pembaharuan versi 2.19.82 untuk sistem operasi Android. Apabila pengguna meng-install versi ini pada ponsel, maka pengguna dapat melihat secara sekilas tentang bagaimana Dark Mode akan terlihat di Android. Layaknya masih dalam fase uji coba, fitur ini belum tersedia untuk semua kalangan masyarakat.

Dilansir dari GameBrott dan WABetaInfo, pada kesempatan kali ini, kita bisa melihat beberapa fitur tersebut dengan melihat beberapa screenshot tampilan aplikasi pesan ketika Dark Mode diaktifkan.

Tampilan mode gelap pada pengaturan WhatsApp (Sumber: WABetaInfo).

Tampilan Belum Selesai

Namun, saat ini pengguna belum dapat mengetahui tampilan mode gelap pada obrolan. Hal ini dikarenakan WhatsApp saat ini hanya menerapkan fitur Dark Mode di laman pengaturan.

Terdapat kemungkinan nantinya tema mode gelap ini akan hadir di seluruh tampilan aplikasi, termasuk juga bagian obrolan. Berhubung tema ini baru rilis pada versi beta, kemungkinan besar pihak mereka akan mengembangkan ini lebih lanjut. Saat ini belum diketahui kapan mode gelap akan hadir untuk seluruh pengguna.

Mengikuti Tren

Penggunaan tema mode gelap merupakan langkah yang tepat bagi WhatsApp sendiri. Hal ini dikarenakan beberapa platform media sosial lainnya sudah mulai menerapkan tampilan ini. Tampilan gelap juga dikatakan lebih nyaman dilihat oleh pengguna, terutama pada waktu malam hari.

Namun, tampilan gelap pada aplikasi obrolan ini juga menimbulkan kekecewaan. Kekecewaan tersebut muncul karena tampilan yang ada di Android akan berbeda dengan versi iOS. Untuk Android, terutama yang menggunakan layar bertipe LCD nampaknya tidak akan mendapatkan pengaruh daya tahan baterai. Hal ini dikarenakan layar LCD tidak benar-benar menampilkan warna gelap, alias masih bercahaya. Hal ini tentunya berbeda daripada layar AMOLED yang bekerja dengan mematikan cahaya pada saat tampilan gelap diperlihatkan.

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian ingin menantikan mode gelap pada aplikasi ini? Yuk berikan tanggapannya!

Tag

Rafli Ramadhan

Instagram : @ram.dhaann