2020, WhatsApp Bakal Disisipkan Iklan

Teknologi 25 Mei 2019

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari WhatsApp. WhatsApp dikonfirmasi oleh Facebook bakal disisipi iklan mulai tahun 2020.

Dilansir dari Gizmochina melalui Kompas Tekno, Jumat (24/5), pengumuman ini disampaikan dalam acara Facebook Marketing Summit (FMS) 2019 yang berlangsung beberapa waktu lalu di Berlin, Jerman.

Sebagai debut, iklan akan mulai muncul di WhatsApp Status yang fungsinya mirip Stories di Instagram atau Facebook, dan akan hadir di versi Android dan iOS.

Pengulas aplikasi sekaligus analis media sosial Matt Navara membagikan penampakan iklan apabila muncul di WhatsApp melalui akun Twitternya. Dalam unggahannya, tampak konten iklan yang akan memenuhi layar Status di WhatsApp.

Dari foto tersebut iklan yang muncul terlihat sama dengan postingan status WhatsApp seperti biasa yang memenuhi seluruh layar. Bedanya jika status WhatsApp memperlihatkan nama kontak, di iklan ini terlihat nama perusahaan yang memasang iklan.

Nantinya, di sisi bawah akan muncul ikon “swipe-up” mirip di Instagram Stories yang akan megarahkan ke situs pengiklan. Nama perusahaan yang beriklan akan muncul di WhatsApp Status, seperti halnya nama kontak.

Facebook juga membuat alternatif untuk menempatkan iklan di tengah beranda “chat”.

Dalam acara yang sama, Facebook mengumumkan akan membuat format baru untuk WhatsApp Business.

Format ini memungkinkan pengguna untuk melihat pesan teks dan gambar dalam format PDF. Facebook juga akan mengintegrasikan katalog produk WhatsApp dengan katalog iklan produk Facebook yang saat ini sudah ada.

Dengan begitu, pengguna atau konsumen bisa mengirim pesan tentang produk sambil melihat katalog.

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.