2020, WhatsApp Tidak Bisa Dipakai di Windows Phone

Teknologi 12 Mei 2019

Hai, MedForians!

Tahun 2019 ini menjadi tahun terakhir era WhatsApp di Windows Phone!

Penghentian Dukungan

WhatsApp akan menghentikan dukungan aplikasinya di sistem operasi Windows Phone mulai tanggal 31 Desember 2019 mendatang.

Penghentian ini sejalan dengan keputusan Microsoft yang akan mengakhiri dukungan untuk Windows 10 Mobile pada bulan Desember.

Dalam blog resminya, WhatsApp menyebut tidak lagi mengembangkan layanan untuk Windows Phone. Sehingga pengguna disarankan untuk beralih menggunakan sistem operasi lain.

Dilansir dari KompasTekno dan TechRadar, Microsoft sendiri telah mengimbau pengguna Windows Phone sebelumya untuk bermigrasi ke perangkat Android atau iOS. Pengguna Windows Phone bisa memilih menggunakan perangkat Android versi 4.03 atau lebih baru atau perangkat iOS versi 8 atau lebih baru.

WhatsApp juga mengumumkan waktu deadline untuk beberapa sistem operasi Android dan iOS lawas.

Pengguna Android versi 2.3.7 (Gingerbread) atau versi lebih lama, serta iOS 7 dan versi lebih lama, hanya akan bisa menggunakan layanan WhatsApp sampai tanggal 1 Februari 2020.

Kemudian pengguna perangkat kedua sistem operasi tersebut juga tidak lagi bisa membuat akun WhatsApp baru ataupun melakukan verifikasi ulang akun yang sudah ada.

Karena pengembangan layanan sudah tidak tersedia, WhatsApp mewanti-wanti bahwa kemungkinan ada beberapa fitur yang tidak berfungsi sewaktu-waktu dan tidak bisa dilakukan pembaruan.

WhatsApp rutin memangkas dukungan untuk beberapa perangkat yang minim basis pengguna.

Sebelumnya, aplikasi layanan pesan instan ini telah menghentikan dukungan untuk sistem operasi Nokia Symbian S60, Nokia Series 40, BlackBerry OS dan BlackBerry 10.

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian masih menggunakan Windows Phone dalam aktivitas sehari-hari? Yuk berikan tanggapannya!

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast