5 Rekomendasi Game Ini Aman Untuk Habiskan Waktu Ngabuburit

Gaming 10 Mei 2019

Hai, MedForians!

Dalam kesempatan kali ini, redaksi menyempatkan untuk memberi referensi mengenai beberapa game yang bertemakan City Building yang bisa sembari menunggu waktu buka puasa tiba.

Menyerupai Kenyataan

Game bergenre ini cenderung bisa menemani ngabuburit kalian dengan santai dan bisa melupakan sejenak rutinitas sehari-hari yang melelahkan. Karena saat menunggu waktu buka puasa, kalian tentu memerlukan sesuatu yang bisa membuat rileks dan bisa membuat waktu berbuka puasa terasa lebih cepat.

Berikut 5 rekomendasi game bertemakan City Building untuk menunggu waktu berbuka puasa tiba:

  • SIMCITY 4

Bagi kalian yang suka dengan game bertemakan membangun kota, SIMCITY 4 ini salah satu game yang wajib kalian beli dan dimainkan serta menjadi pilihan yang sangat tepat. Terlebih Simcity 4 ini merupakan game yang paling legendaris pada eranya, dan menjadi pelopor bagi segala game bertemakan City Building.

Untuk SIMCITY 4 ini adalah paket komplit yang kalian bisa harapkan dalam membangun kota dengan skala luas. Singkatnya, game ini benar-benar mengajarkan pemain membangun kota kecil yang akan menjadi suatu kota megapolitan.

Pemain benar-benar diberi akses kebebasan untuk membangun kota idaman kalian sendiri, namun harus memahami juga segala aspek yang terdapat pada game ini.

Segala aspek yang harus diperhatikan mulai dari harus memperhatikan arah angin, masalah kebisingan jalan raya, mengatur lapangan pekerjaan, mengatur populasi penduduk, pembagian wilayah, pembagian pajak,mengatur lalu lintas, serta pengembangan jalan.

Semua itu memiliki fungsi dan tempatnya masing-masing dalam keputusan kalian membangun sebuah kota yang kalian harapkan.

Game ini benar-benar memiliki mekanisme yang terbilang sangat dalam dibandingkan game City Building lainnya. Game ini sangat mudah dimainkan, tapi di sisi lain juga sulit untuk dipahami terutama bagi kalian yang baru mengenal game ini, karena butuh kemampuan khusus.

Semakin lama kalian memainkannya, semakin terlihat juga pengalaman dalam membangun suatu kota. Di samping semua itu juga, kalian akan melihat sendiri perkembangan dalam memainkan game ini.

Redaksi perlu ingatkan mungkin grafis pada game ini tidak sebagus yang diharapkan, karena game ini rilis pada tahun 2003. Tapi walaupun termasuk game tua, menurut redaksi SIMCITY 4 masih sangat layak untuk wajib kalian beli dan mainkan.

  • SIMCITY 2013

Bagi kalian yang sudah tau dengan game ini merupakan versi reboot dari seri SIMCITY buatan MAXIS sebelum studio tersebut dimatikan oleh EA.

Walaupun game ini memiliki banyak review dan respon negatif saat awal rilisnya karena merusak seri legenda dari MAXIS, namun di sisi lain game ini memiliki sesuatu yang tidak terdapat pada game City Building lainnya.

Game ini tetap memiliki sistem algoritma yang sangat terkenal di seri SIMCITY buatan MAXIS. Semua City Planning harus dibuat sempurna untuk membangun kota yang besar dan sukses.

Memang game ini berbeda jauh dengan SIMCITY pendahulunya, tapi dengan pembatasan wilayah yang kecil ini justru membuat kita berputar otak karena harus memanfaatkan ruang dengan semaksimal mungkin.

Adanya mode Multiplayer dalam game ini membuat pemain semakin mendapatkan sekaligus menambah kesan seru pada game ini. Hal ini yang kemudian paling banyak disukai pada SIMCITY 2013.

Pemain bisa fokus dengan kota spesial buatan masing-masing, mulai dari kota tourisme, kota hiburan, kota pendidikan, kota industri ataupun spesialis kota lain yang diinginkan.

Namun perlu kalian pahami, ketika membuat kota dengan spesialis tersendiri, kalian harus saling mendukung dan saling membantu satu sama lain. Seluruh game mekaniknya pun sangat detail pada SIMCITY 2013 ini serta memiliki art desain bangun-bangunan yang bisa dibilang sangat fresh.

Game ini sangat layak untuk kalian beli dan dimainkan. Nantinya, pemain benar-benar akan merasakan kota yang telah kalian bangun dengan keunikan masing-masing.

  • ANNO 2205

Game ini salah satu seri karya Ubisoft yang menjadi favorit bagi penggemar game City Building. Sesuai dengan judul, game ini mengambil tema di masa depan pada tahun 2205. Inti game ini adalah pemain harus bersaing untuk mengambil sepenuhnya kontrol bulan.

Pada bulan itu sendiri, nantinya kalian akan memanfaatkan kekayaan sumber daya pada bulan dan membangun kota sehat dibumi dengan tingkat ekonomi yang tinggi dan sejahtera untuk penduduk kota.

Game ini cukup berbeda dari game bertemakan City Building lainnya karena memiliki unsur Real Time Strategy atau RTS. Kalian bisa mengambil alih pesawat atau kendaran modern lainnya untuk melawan teroris dan berbagai macam ancaman yang terdapat pada bulan.

Namun pemain tidak perlu khawatir, karena unsur RTS ini tidak membuat repot kalian untuk menghadapi segala ancaman tersebut dan masih bisa dimainkan dengan santai. Justru unsur RTS ini bisa dianggap sebagai mode perang kecil-kecilan karena terlihat sangat simpel dan seru.

Disini kalian akan menemukan hal-hal yang memang tidak ada pada game City Building lainnya, mulai dari mengatur bahan makanan organik yang dibuat secara simpel dengan menggunakan teknologi maju, sampai bertemu dengan NPC yang mengatur kotanya sendiri.

Namun game ini memerlukan spesifikasi tinggi karena mulai dari texture, ambience, grafis, serta komponen lainnya yang terbilang sangat detail dan indah. Game ini benar-benar layak untuk dibeli dan dimainkan karena memiliki segala aspek yang berbeda dari game City Building lainnya.

  • LIFE IS FEUDAL: FOREST VILLAGE

Bagi kalian penggemar game yang berlatar waktu sekitar abad ke-5 atau abad pertengahan sangat cocok dengan game ini karena mengambil setting pada zaman medieval.

Game ini mengambil konsep yang hampir sama dengan SIMCITY namun dengan elemen survivalnya. Sesuai dengan zamannya, kalian diharuskan bertahan hidup dari ancaman cuaca, penyakit dan sebagainya.

Menurut redaksi pribadi, game ini sangat seru karena berbeda dari game City Building lainnya. Di sini juga, pemain akan menemukan berbagai macam cara mengatasi masalah yang sesuai pada zamannya yang sama sekali tidak bisa terpikirkan.

Mulai dari bagaimana pemain menyimpan makanan agar tahan lama, berapa jumlah binatang yang harus diternakkan, bagaimana mengatur pertanian, dan mengatur penduduk agar tetap nyaman, dan lainnya.

Kalian juga harus pintar membaca musim yang artinya pemain harus tahu mengatur kebutuhan dan mengambil segala tindakan dengan benar ketika musim ekstrim tiba.

Banyak sekali tantangan yang ada pada game ini, namun sekali lagi tantangan tersebut masih bisa dihadapi dengan santai ketika pemain sudah mulai terbiasa dengan tantangan tersebut.

Game ini layak untuk kalian beli dan mainkan terlebih developernya pun aktif kepada para pemainnya, sehingga akan memudahkan pemain.

  • CITIES: SKYLINES

Kenapa redaksi memasukkan game ini ke dalam daftar rekomendasi, karena mereka yang meneruskan legacy dari SIMCITY buatan MAXIS yang terkenal tersebut.

Mereka juga punya sejarah yang unik, karena sudah mengetahui bahwa game mereka akan mati ketika mereka sedang mengerjakan proyek game ini, karena mereka mendengar informasi dari EA yang akan merilis game SIMCITY 2013 yang akan menyaingi game CITIES SKYLINES ini.

Namun seperti yang redaksi dan penggemar game City Building ketahui lainnya, karena keputusan pintar dari pengembang game ini, menjadikan CITIES SKYLINES sukses di pasaran. Hal ini karena pada game-nya membawakan hal yang lebih fresh, casual, dan lebih friendly dibandingkan franchise SIMCITY pendahulunya.

Intinya, pada game ini hampir sama dengan franchise SIMCITY pendahulunya. Namun, kalian hanya memfokuskan untuk bagaimana menyeimbangkan ekonomi pada kota yang kalian inginkan.

Game ini benar-benar cocok dan layak untuk dibeli dan dimainkan, terutama bagi kalian yang baru mengenal game City Building.

Redaksi mengharapkan dari salah satu 5 rekomendasi game City Building tersebut bisa dapat kalian beli dan mainkan untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa kalian.

Tag

Muhammad Luthfi

Something Inspirational