Menu Tutup

Aktor Star Wars Peter Mayhew Meninggal Dunia

Hai, MedForians!

Kabar duka datang dari dunia Star Wars.

Aktor kawakan yang dikenal sebagai pemeran Chewbacca (alias Chewie) sang alien Wookie dari serial film Star Wars, Peter Mayhew, meninggal dunia sejak hari Selasa (30/4) lalu di rumahnya di Boyd, Texas, Amerika Serikat.

Kabar meninggalnya aktor kelahiran London, Inggris ini diumumkan oleh pihak keluarga lewat akun Twitternya Jumat hari ini (3/5):

Mayhew meninggal dunia akibat menderita penyakit jantung. Kabar terakhir dari aktor dibalik kostum Chewie ini sebelum wafat adalah dirinya menjalani operasi tulang belakang untuk meningkatkan mobilitas tubuhnya pada bulan Juli tahun lalu.

Mayhew telah memerankan karakter Chewbacca sejak dirilisnya film pertama Star Wars (1977) hingga film ketujuh, The Force Awakens (2015). Setelah pensiun dari perannya, dirinya digantikan oleh mantan pemain bola basket asal Finlandia Joonas Suotamo untuk proyek Star Wars terbaru kedepannya, dimulai dari film kedelapan Star Wars The Last Jedi (2017).

Saat film pertama Star Wars pertama kali dibuat, sutradara George Lucas ingin mencari aktor yang cukup tinggi untuk memerankan Chewbacca.

BACA JUGA :  Bulan November, City Hunter Live Action Rilis di Jepang

Awalnya dia memilih binaragawan David Prowse (dengan tinggi badan
1.98 m) untuk peran ini, namun Prowse memilih untuk berperan sebagai Darth Vader (Vader sendiri di isi suarakan oleh James Earl Jones).

Saat mencari aktor tinggi lainnya untuk memerankan Chewie, dia bertemu dengan Peter Mayhew yang saat itu sedang bekerja sebagai perawat di bidang radiologi di rumah sakit King’s College Hospital, London, Inggris.

Lucas mengatakan kalau Mayhew ingin menjadi Chewbacca, yang dia harus lakukan hanyalah berdiri untuk melihat seberapa tingginya dia (tinggi badan Mayhew saat itu adalah 2.21 m).

Setelah produksi film Star Wars pertama sudah selesai dia kembali bekerja sebagai perawat, sebelum akhirnya dia menjadi aktor secara full-time setelah film ketiga Star Wars Return of the Jedi (1983). Dia pun mulai muncul di beberapa film dan acara televisi seperti The Muppet Show dan Glee, biasanya sebagai Chewbacca.

BACA JUGA :  Ini Daftar Judul Film Superhero Terbaru dari Jagat Sinema Bumilangit

Meskipun dirinya tidak mengisi suarakan si alien dari ras Wookie ini (suara Chewbacca dibuat oleh sound designer Lucasfilm Ben Burrt), banyak fans Star Wars dan kritikus film yang menyukai penampilannya lewat bahasa tubuh dan gerakan matanya yang ekspresif. Kedua faktor inilah yang membuatnya sangat disukai dan dihormati di industri perfilman Amerika.

Kami dari Redaksi Media Formasi turut berduka cita sekaligus berbela sungkawa atas kabar meninggalnya aktor kawakan yang telah menjadi bagian dari Star Wars selama 40 tahun.

Sumber: The Hollywood Reporter, TMZ

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×