Menu Tutup

Animator Rilakkuma and Kaoru Buat Animasi Stop Motion dengan Figurine

Hai, MedForians!

Kreatifitas bisa ditemukan di mana saja. Seperti yang dilakukan oleh Kenta Shinohara, seorang animator untuk seri “Rilakkuma and Kaoru”.

Ia yang merupakan ahli di bidang stop motion membuat berbagai video animasi dengan teknik itu dan diunggah dalam akun Twitter miliknya.

Pada 12 Mei lalu, ia membuat sebuah animasi dengan teknik stop motion. Rem dari Re:Zero dibuat seakan berjalan, kemudian menoleh ke arah penonton. Animasi GIF ini menunjukkan gerak cepat dan tayangan lambat dari Rem yang berjalan dan menoleh ke arahmu.

Kemudian secara berturut-turut dari tanggal 15 dan 16 Mei lalu, ia mengunggah 2 video animasi stop motion menggunakan figurine. Yang pertama adalah ia membuat animasi Megumin dari seri Konosuba.

Video yang diunggah 15 Mei lalu menceritakan tentang Megumin yang mengeluarkan kekuatan ledakan khasnya, Explotion, dan kemudian pingsan setelah melakukannya. Tentunya ia menggunakan figurine dari Megumin.

Di akhir video, ia menunjukkan secara singkat cara membuat animasi tersebut.

Keesokan harinya, ia membuat video yang menceritakan LLENN dari Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online yang mencoba menembak kaleng.

BACA JUGA :  Anime Kamitachi ni Hirowareta Otoko Rilis PV Baru, Ungkap Seiyuu Tambahan

Kaleng pertama berhasil ia tembak dengan P-chan miliknya yang merupakan senapan P-90. Namun kaleng kedua gagal ia tembak. Sebaliknya, peluru yang dikeluarkan justru memantul kemana-mana dan hampir mengenai LLENN.

Bukan kali pertama ia membuat stop motion dengan figurine. Sebelumnya pada 25 Maret lalu, Shinohara mengunggah sebuah video animasi stop motion Ryu dari permainan video Street Fighter.

Ia membuat Ryu seakan berkelahi dengan kaleng minuman energi, dan membuatnya KO dalam sekali pukul. Video ini telah di retweet sebanyak 16 ribu kali.

Bukan hanya figurine anime

Selain anime dan permainan video, seri Tokusatsu dan animasi Amerika juga ia buat ke dalam stop motion dengan figurine miliknya.

BACA JUGA :  Anime Ultraman Season 2 Akan Segera Hadir di Netflix

Dalam rangka menyambut film Spiderman: Far From Home, ia membuat Peter Parker melayang di udara dengan jaring laba-labanya, kemudian mendarat.

Shinohara juga membuat penjelasan singkat bagaimana Peter terbang di angkasa di akhir tayangan.

Ia juga membuat Kamen Rider yang memakan keripik kentang yang cukup besar untuk seukuran action figure tersebut. Tentunya dengan menggunakan teknik stop motion.

Shinohara selalu mengunggah karya stop motion yang ia buat ke laman Twitter miliknya. Terakhir saat berita ini dibuat, ia mengunggah karya teranyarnya dimana sebuah figurine dibuat menari Moonwalk.

Tentunya ia menggunakan aplikasi dengan embel-embel Tiktok, aplikasi video yang saat ini populer di Jepang.

Sedikit tentang teknik stop motion

Stop Motion sendiri adalah sebuah teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak dengan sendirinya.

Objek tersebut digerakan sedikit demi sedikit di setiap frame yang akan difoto, menciptakan ilusi pergerakan saat serangkaian frame tersebut dimainkan secara berurutan dan berkelanjutan.

Sumber: Anime News Network

Kembali ke Atas

BACA JUGA

×