Ini 10 Judul Anime Bertema Antariksa Rekomendasi Crunchyroll

Pop Kultur 5 Mei 2019

Hai, MedForians!

Perlombaan antariksa sudah terjadi sejak Sputnik 1 meluncur pada 4 Oktober 1957 silam. Hingga sekarang, penjelajahan luar angkasa terus berlanjut.

Para ahli dan angkasawan terus mencari tempat yang lebih jauh dari angkasa yang terlihat oleh mata.

Sejauh eksplorasi yang dilakukan oleh banyak negara mengilhami banyak penulis naskah anime untuk menciptakan karya bertema antariksa. Petualangan, pertempuran, romansa, hingga drama tersaji di beberapa seri.

Berikut kami rangkum 10 judul anime bertema antariksa, yang sebagian besarnya merupakan fiksi ilmiah, rekomendasi dari Crunchyroll.

Cowboy Bebop

Seri lawas karya Shinichiro Watanabe yang digarap oleh Sunrise. Dikisahkan pada 2071, bumi sudah hampir tidak bisa ditinggali lagi. Umat manusia ramai-ramai mencari tempat tinggal baru.

Di tengah hijrahnya jutaan manusia, banyak kasus kriminal terjadi di angkasa. Kejadian seperti cerita koboi, namun bertempat di luar angkasa. Ada Sheriff, ada penjahat, dan ada pemburu bounty. Para pemburu hadiah yang menaiki kapal luar angkasa, Bebop, jadi pusat ceritanya.

Gundam Wing

Seri ini merupakan salah satu seri Gundam terbaik sepanjang masa. Masih dibuat oleh Sunrise, dengan sutradaranya Hideyuki Tomioka.

Sekitar 195 setelah penjelajahan luar angkasa besar-besaran, “Operasi Meteor” dimulai. Kisah ini berfokus pada 5 pengendara kendaraan tempur berbentuk robot, Gundam.

Nama Gundam sendiri asalnya dari elemen Gundanium, bahan pembuat mesin tempur ini. Misi mereka dalam operasi ini adalah melawan para OZ yang ingin mengembangkan kendaraan tempur purwarupa, Tallgeese.

Legend of the Galactic Heroes

Seri ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama. Ditulis oleh Yoshiki Tanaka dan diadaptasi oleh Artland & Madhouse. Tahun 2801, Federasi Antariksa dibentuk, perpindahan besar-besaran umat manusia dimulai.

Beberapa saat kemudian, federasi itu dikuasai oleh seorang diktator dan menjadi negara monarki absolut. Kemudian hadirlah Aliansi Planet Merdeka, aliansi umat manusia yang gerah terhadap kekejaman tirani.

Space Battleship Yamato 2199

Diceritakan kapal tempur itu dibuat di tempat dimana kapal dengan nama yang sama tenggelam.
Diceritakan kapal tempur itu dibuat di tempat dimana kapal dengan nama yang sama tenggelam.

Seri ini merupakan adaptasi dari seri berjudul sama yang pernah tayang di era 70-an. Dibuat pada 2012 lalu oleh AIC dan Xebec.

Berkisah tentang kapal angkasa bernama Yamato dan 4 krunya. Yamato adalah kapal angkasa bumi yang lolos dari serangan alien yang disebut sebagai Gamilas.

Gundam 00

Pose Gundam yang ikonik membuat penonton tidak lupa dengan anime satu ini.
Pose Gundam yang ikonik membuat penonton tidak lupa dengan anime satu ini.

Seri Gundam ini muncul setelah 7 tahun pergantian abad. Masih dibuat oleh Sunrise dengan disutradarai oleh Seiji Mizushima.

Bercerita tentang penemuan sumber energi baru yang ditentang oleh“The Promised Land of God”. Saat perang makin memburuk, berdirilah Celestial Being, yang berisi para pilot kendaraan tempur humanoid, Gundam.

Gundam Build Fighter

Meskipun ini berlatar di bumi, namun tetap saja ini seri anime bertema mainan robot antariksa.
Meskipun ini berlatar di bumi, namun tetap saja ini seri anime bertema mainan robot antariksa.

Seri Gundam yang satu ini muncul pada 2013 lalu. Sunrise kembali dipercaya untuk membuat seri ini. Berbeda dari seri Gundam sebelumnya yang berlatar masa depan, seri ini mengajak untuk kembali ke era 80-an.

Di saat penjualan Gunpla yang semakin masif, berlangsunglah turnamen Gunpla Battle. Kisah berpusat pada Sei Iori, seorang Gunpla Builder yang bermimpi untuk bisa memenangkan pertandingan ini.

Space Dandy

Masih dari 2013, seri ini dibuat oleh Studio Bones. Berkisah tentang seorang pemburu bounty yang dikenal karena gayanya yang dandy bernama Dandy.

Bersama asisten robotnya, QT, dan temannya yang mirip kucing, Meow, mereka menjelajah angkasa dengan Aloha Oe, sebuah kapal angkasa miliknya.

Planetes

Kembali, Sunrise jadi langganan pembuat anime bertema antariksa. Dibuat pada tahun 2003 lalu, Planetes yang berarti “penjelajah” dalam bahasa Yunani berkisah mengenai sekelompok pengumpul sampah angkasa pada tahun 2075.

Gunbuster 2/Diebuster

Merupakan sebuah anime dengan jumlah episode yang paling sedikit di daftar ini, yakni berjumlah 6 episode.

Dibuat sebagai peringatan 20 tahun Studio Gainax dan merupakan sekuel daripada seri Gunbuster yang tayang pada tahun 1988.

Studio Gainax juga yang membuat seri yang masuk dalam honorable mention yang penulis buat di akhir.

Space Brothers

Kakak beradik Mutta Nanba dan Hibito, yang bercita-cita untuk bertemu UFO.
Kakak beradik Mutta Nanba dan Hibito, yang bercita-cita untuk bertemu UFO.

Anime bertema antariksa terakhir dalam daftar ini merupakan produksi A-1 Pictures. Berkisah tentang kakak beradik Mutta Nanba dan Hibito yang melihat pesawat UFO saat masih kecil.

Dengan niat itulah keduanya mendaftar sebagai anggota badan antariksa Jepang, JAXA. Hibito diterima lebih dulu, sedangkan Mutta sempat gagal sebelum akhirnya diterima.

Honorable Mention yang tak boleh ketinggalan

Neon Genesis Evangelion dan AKB0048. Keduanya merupakan karya yang epik, meskipun Evangelion lebih dikenal karena meme yang beredar. Lagu pembuka dan penutupnya sangat enak didengar, apalagi Fly Me To The Moon.

https://www.youtube.com/watch?v=eq5tXnflvKQ
Penutup Evangelion yang meme nya juga tak kalah banyak dari lagu pembuka.

Lalu, mengapa AKB0048? Bayangkan saja ada grup idola yang menjelajah ke seluruh antariksa untuk tur konser, tapi dihadang oleh banyak musuh? Ini juga merupakan karya epik yang masuk kategori honorable mention.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.