Asahi Broadcasting Corporation Akuisisi Studio Anime DLE

Media 12 Mei 2019

Hai, MedForians!

Dream Link Entertainment atau yang disingkat sebagai DLE Inc. adalah studio animasi dan hiburan yang berbasis di Tokyo. Perusahaan ini didirikan oleh bekas orang eksekutif Sony, Ryūta Shiiki.

Setelah 17 tahun menjabat, ia akan mengundurkan diri dari posisi wakil direktur, tetapi akan melanjutkan tugasnya di perusahaan sebagai CEO, dan akan terus menjadi anggota dewan tanpa hak perwakilan.

Ryūta mengundurkan diri setelah mayoritas saham DLE dibeli oleh Asahi Broadcasting Corporation. Stasiun televisi yang berbasis di Osaka ini membeli saham DLE sebesar 2.772 milyar yen. Setelah menjadi pemegang saham mayoritas, Asahi Broadcasting Corporation menjadikan studio DLE sebagai subsider atau anak perusahaannya.

ABC akan memegang 51,96% saham DLE, sedangkan Ryūta tetap memegang saham perusahaan yang ia dirikan sebanyak 17,15%. Hasbro yang juga memiliki saham di DLE memegang 1,7% kepemilikan.

Diduga, akuisisi tersebut terkait kasus yang menimpa studio ini. Komisi Pengawasan Bursa Efek Jepang melaporkan pada bulan Februari bahwa Badan Layanan Keuangan Jepang mendenda DLE 135,4 juta yen karena melanggar undang-undang keuangan.

Hukuman denda itu dikenakan setelah perusahaan melaporkan penjualan yang meningkat dari transaksi palsu. DLE kemudian mengumumkan pada tanggal 30 Maret bahwa mereka telah menjual saham perusahaan patungan Coyote kepada pemegang saham bersama Toei dan dan Toei Animation Music Publishing.

Dikutip dari AnimeNewsNetwork, DLE terkenal karena karyanya di franchise anime Eagle Talon. Anime lainnya di studio termasuk Sword Gai: The Animation, Ore-tacha Yōkai Ningen, Thermae Romae, Haiyoru! Nyaru-Ani, Glass no Kamen Desu ga, Hakuōki: Otogisōshi, dan Insufficient Direction. DLE juga membeli lisensi dari acara pameran busana populer Jepang, Tokyo Girls Collection.

DLE juga bermitra dengan perusahaan film Tiongkok, Shanghai Griffin Film Corporation pada tahun 2016 untuk menghasilkan proyek kreatif baru di industri animasi antar kedua negara.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.