Menu Tutup

CEO Dicoding Ungkap Usia Anak Yang Tepat Untuk Belajar Coding

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari wacana sejumlah tokoh yang ingin agar anak bisa belajar coding sedini mungkin. Setelah terakhir, CEO Apple, Tim Cook menyampaikan perlunya belajar coding sejak dini, kali ini pernyataan lain tersebut hadir dari salah satu CEO Startup dalam negeri.

Dilansir dari Kompas Tekno, CEO startup developer lokal, Dicoding, Narenda Wicaksono, mengungkapkan bahwa anak-anak belum terlalu perlu untuk belajar coding, atau lebih dikenal dengan belajar bahasa pemrograman komputer. Usia wajar untuk mulai mempelajarinya, menurut Narenda adalah pada jenjang SMP.

“Karena menurut saya, kalau anak-anak belajar coding itu sebenarnya yang penting mereka belajar logikanya dulu. Kemudian kita tidak boleh buat mereka jadi frustasi, ini banyak kejadian orang belajar coding mereka stres akhirnya tak mau belajar lagi,” jelas Narenda.

Pelajaran coding bagi anak usia SMP bisa dimulai dengan membuat game dengan tingkat pemula. Menurut Narenda, membuat game ringan lebih menyenangkan bagi anak-anak karena mereka bisa melihat hasilnya. Terlebih, teorinya tidak serumit membuat aplikasi berat yang berkutat pada konsep dan materi.

Narenda menyebut Dicoding sendiri tengah menyiapkan kurikulum coding khusus untuk anak-anak. Kurikulum ini khusus dirancang untuk mengembangkan logika anak-anak dari berbagai jenjang usia.

“Kami masih akan kerja sama dengan profesor di ITB. Kami lagi coba mengembangkan kemampuan logika anak-anak dengan cara yang lebih menyenangkan,” kata dia.

Narenda mengaku ada beberapa orangtua yang sudah mengkursuskan anaknya untuk belajar coding di Dicoding. Namun, kendalanya ada di kemampuan self learning anak-anak yang dinilai masih minim.

“Anak zaman sekarang tak semua punya kemampuan self learning yang bagus, karena kalau belajar online kan harus disiplin, dia harus mencari materinya sendiri. Itu yang kadang-kadang agak susah,” akunya.

Dicoding sendiri telah membuka kursus programming secara online melalui situs resminya. Beberapa kelas bisa diambil secara gratis, namun ada pula yang berbayar. Materi yang disuguhkan di antaranya membuat aplikasi Android, membuat game, kotlin for Android, Blockchain, Java, Web, Chatbot, dan manajemen source code.

MedForians Wajib Baca Ini!