Efek Perang Dagang, Microsoft Hentikan Lisensi Windows Untuk Huawei

Teknologi 31 Mei 2019

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari perusahaan ternama yang didirikan Bill Gates, Microsoft. Microsoft turut mematuhi kebijakan pemerintah AS yang memasukkan Huawei ke dalam daftar hitam.

Setelah sebelumnya mereka sempat menarik laptop Huawei di toko online resminya, Microsoft dikabarkan telah menangguhkan kerjasama dengan Huawei menyangkut penyediaan sistem operasi Windows untuk laptop dan layanan konten lain.

Dilansir dari South China Morning Post melalui Kompas Tekno, Jumat (31/5), dengan berhentinya pasokan Windows, laptop Huawei pun terancam tidak bisa memakai sistem operasi itu di produk laptop mendatang bikinannya.

Sementara, laptop Huawei yang sudah beredar di pasaran disebut akan tetap menjalankan Windows dan mendapat update rutin dari Microsoft.

“Ini (penyetopan lisensi) bukan berarti bahwa Microsoft tidak bekerja sama dengnan Huawei lagi. Penangguhan bisnis antara dua perusahaan ini bisa saja hanya sementara,” ujar salah seorang sumber yang tidak mau disebutkan namanya.

Penangguhan kerjasama penyediaan Windows oleh Microsoft tersebut menambah pelik masalah Huawei yang sudah mengalami hal serupa dari berbagai perusahaan teknologi, dari Google hingga ARM.

Setelah kehilangan lisensi Android (Google) untuk ponsel pintarnya, laptop Huawei pun kini terancam tidak bisa menjalankan Windows.

Sebagai perusahaan yang masuk daftar hitam bernama “entity list”, Huawei tak boleh membeli software maupun hardware berbasis teknologi AS tanpa seizin pemerintah AS.

Padahal, setelah gagal dengan ponsel, Huawei belakangan berupaya memasuki pasaran AS lewat produk laptop.

Untuk mengatasi masalah pembatasan OS untuk ponsel dan laptop, Huawei mengembangkan sistem operasi buatan sendiri yang rencananya akan bisa berjalan di aneka perangkat, mulai dari smartphone, PC, hingga TV dan smart wear.

Rumor menyebutkan bahwa OS milik Huawei ini baru akan diperkenalkan tahun depan.

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.