Menu Tutup

Google I/O 2019 Bakal Hadirkan Android Q, Stadia, dan Produk Baru Lainnya

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari gelaran Google I/O 2019 yang akan digelar sebentar lagi.
Event yang akan diadakan di Shoreline Amphitheater ini bakal menghadirkan sejumlah produk dan fitur terbaru dari Google.

Dirangkum dari Kompas Tekno, Senin (6/5), sejumlah produk baru dan fitur terbaru ini diantaranya mulai dari Android Q, ponsel Google Pixel 3a, hingga game streaming Stadia.

Android Q

Google memang kerap memperkenalkan OS Android terbar dalam gelaran tahunan Google I/O. Untuk tahun 2019 ini, versi yang akan diperkenalkan adalah Android Q sebagai kelanjutan dari Android P alias “Pie” yang dirilis tahun lalu.

Belum diketahui apa julukan untuk Android Q. Biasanya OS Android disebut sesuai nama cemilan manis yang huruf awalnya sama dengan huruf di akhiran nama si sistem operasi, seperti “Pie” untuk Android “P” tadi.

Google Assistant

Selain Android Q, Google juga seringkali memperkenalkan fitur-fitur baru untuk Google Assistant dalam ajang I/O. Tahun lalu, Google merilis suara-suara baru pada Assistant, termasuk menyisipkan suara musisi John Legend.

BACA JUGA :  Sebuah Rangkuman Dari Made By Google Event 2019

Ada pula fitur di mana Google Assistant mengharuskan anak-anak yang menggunakan layanannya untuk mengatakan “tolong” ketika memberikan perintah pada Assistant.

Augmented Reality dan Virtual Reality

Tiga tahun lalu, Google memperkenalkan sebuah platform Virtual Reality bernama DayDream dalam gelaran I/O kala itu.

Platform tersebut memungkinkan pengguna mengubah ponsel mereka menjadi sebuah mesin VR dan dapat digunakan dengan headset khusus.

Kemudian dua tahun lalu, dalam gelaran yang sama, Google juga memperkenalkan teknologi Augmented Reality melalui platform Google Lens. Google Lens merupakan aplikasi di mana pengguna dapat mencari segala informasi hanya melalui sebuah kamera ponsel.

Pixel 3a dan Pixel 3a XL

Dua perangkat ini diramalkan akan hadir pada Google I/O 2019. Meski belum ada konfirmasi terkait kebenaran atas informasi ini, sejumlah rumor mengatakan bahwa Google memang akan segera memperkenalkan Pixel 3a dan Pixel 3a XL dalam waktu dekat.

Pixel 3a bakal hadir dengan layar seluas 5,6 inchi, sementara Pixel 3a XL dibekali dengan layar yang sedikit lebih besar. Kabarnya, ponsel ini akan ditenagai oleh Snapdragon 670 dan akan dibanderol dengan harga yang lebih murah ketimbang Pixel 3 reguler.

BACA JUGA :  Hari Ini, Aturan Blokir Ponsel BM Resmi Disahkan oleh 3 Menteri

Google Stadia

Dalam ajang Google I/O 2019, raksasa teknologi ini juga diprediksi akan membeberkan informasi lebih detil soal platform streaming untuk bermain game bernama Stadia yang meluncur beberapa waktu lalu.

Stadia memungkinkan gamer bermain game tanpa membutuhkan konsol, bisa lewat ponsel, tablet, TV, atau perangkat lain dengan sebuah controller. Kualitas game yang ditawarkan konon setara dengan konsol game konvensional.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×