Menu Tutup

Google Rilis Pixel 3a dan 3a XL, Ponsel “Polos” dan Kamera Berkualitas Tinggi

Hai, MedForians!

Dua ponsel generasi terbaru Pixel telah hadir!

Ajang Teknologi Tahunan

Momen bersejarah tahunan yang selalu ditunggu telah hadir. Salah satu ajang teknologi tahunan, yaitu Google I/O, sedang dilaksanakan di Shorline Amphiteater, Mountain View, California, Amerika Serikat, selama tiga hari, yaitu 7-9 Mei 2019.

Dari berbagai macam teknologi dan produk baru yang diperkenalkan Google, terdapat satu segmen yang membuat banyak pihak menjadi antusias.

Akhirnya, Google mengumumkan penerus dari lini ponsel Pixel mereka, yaitu Pixel 3a dan 3a XL.

Dilansir dari GSMArena, The Verge, dan KompasTekno, kedua ponsel terbaru ini rencananya akan ditargetkan untuk segmen pasar kelas menengah. Alhasil, ponsel Pixel ini akan memasang harga lebih murah dibandingkan Pixel 3 standar.

Spesifikasi

Walaupun menyasar kepada segmen pasar yang lebih murah dari ponsel Pixel pada umumnya, kedua ponsel terbaru ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi untuk zaman sekarang.

Sesuai namanya, Pixel 3a XL akan menjadi varian ponsel dengan ukuran yang lebih besar. Hal ini dapat dilihat dari ukuran layarnya yaitu sebesar 6 inci (~15,24 cm) dengan resolusi 2160 x 1080 piksel. Sedangkan, untuk versi 3a akan memiliki ukuran layar sebesar 5,6 inci (~14,22 cm). Keduanya menggunakan panel layar OLED.

Tampilan depan Google Pixel 3a (Sumber: The Verge)

Ponsel Pixel dikenal sebagai ponsel yang memiliki kualitas kamera yang bagus, terutama karena adanya dukungan bawaan aplikasi Google Camera.

BACA JUGA :  Resmi Diluncurkan, Ini Spesifikasi Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL

Kali ini, kedua ponsel tersebut tidak mengikuti tren multi-camera yang terdapat di pasar ponsel umumnya. Kedua ponsel memiliki spesifikasi kamera yang sama, yaitu kamera belakang sebesar 8 megapiksel (f/1.8) dan kamera depan sebesar 12.2 megapiksel (f/2.0).

Walaupun hanya satu buah kamera, pada kamera belakang ponsel tersebut akan memiliki teknologi “Optical Image Stabilization” (OIS). Hal ini memungkinkan ponsel untuk mengambil gambar dengan lebih jernih dan tanpa blur yang tidak diinginkan.

Untuk mesin utama, tentunya ponsel Pixel akan menggunakan SoC dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 670. Chipset ini dilengkapi dengan RAM berkapasitas 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB.

Sudah teramat pasti ponsel buatan Google akan memiliki pembaharuan sistem yang termuktahir juga. Kedua ponsel ini dipastikan menggunakan sistem operasi Android 9 Pie, dan dapat upgrade ke Android Q apabila sudah tersedia.

Tampilan depan Google Pixel 3a (Sumber: The Verge)

Fitur serupa lainnya adalah memiliki audio jack 3.5 mm, Bluetooth 5.0, USB-C, dan speaker stereo.

Kedua ponsel ini dijual dengan 3 pilihan warna yang berbeda, yaitu hitam (Just Black), putih (Clearly White), dan ungu (Purple-ish).

Khusus untuk warna hitam, Google menawarkan kapasitas internal sebesar 128 GB untuk kedua ponsel tersebut.

BACA JUGA :  Sebuah Rangkuman Dari Made By Google Event 2019

Satu hal yang membedakan kedua ponsel ini selain layar adalah kapasitas baterai. Untuk Pixel 3a, ponsel ini memiliki baterai sebesar 3.000 mAh. Untuk versi XL, kapasitasnya adalah 3.700 mAh.

Harga dan RIlis

Google Pixel 3a dengan warna “Just Black”

Saat ini Google Pixel 3a sudah diketahui harga resminya, yaitu 399 USD (~Rp5,7 juta). Untuk saudara besarnya, yaitu 3a XL, dipasang dengan harga 479 USD (~Rp6,9 juta).

Untuk perilisan, ponsel terbaru ini sudah tersedia di beberapa negara saja. Untuk wilayah Asia Tenggara, baru Singapura yang kedapatan jatah rilis. Untuk kedepannya, Google mungkin akan merilisnya secara global.

Bagaimana, MedForians? Tidak sabar untuk memiliki ponsel yang dirilis langsung dari Google? Yuk berikan tanggapannya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×