Iklan Berkurang, Laba Kuartal 1 Pemilik ANTV Anjlok 82%

Media 1 Mei 2019

Hai, MedForians!

Pemilik stasiun televisi ANTV, PT Intermedia Capital Tbk (MDIA) yang merupakan anak perusahaan PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) melaporkan kinerja keuangan yang anjlok pada kuartal 1 2019 ini. Laba bersih perseroan turun 82,08% menjadi Rp 17,85 miliar pada periode tersebut. Nilai perolehan laba bersih perseroan pada periode yang sama tahun lalu tercatat sebesar Rp 99,57 miliar. 

Dikutip dari CNBC Indonesia, kinerja yang kurang memuaskan ini disebabkan performa pendapatan perseroan yang kurang memuaskan. Tercatat pada kuartal I-2019 pendapatan perseroan turun 30,43% menjadi Rp 346,56 miliar, dibandingkan dengan Rp 489,11 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara beban usaha perseroan tercatat tak berubah secara signifikan, hanya tercatat naik tipis 0,68% menjadi Rp 347,60 miliar. Pada periode yang sama tahun lalu beban bersih yang ditanggung MDIA tercatat sebesar Rp 345,25 miliar.

Di sisi lain, Nilai Aset MDIA hingga akhir kuartal pertama tahun ini tercatat naik tipis menjadi Rp 5,59 triliun. Artinya dalam setahun terjadi kenaikan sebesar 2,53% dibandingkan nilai aset di periode yang sama tahun lalu yang tercatat Rp 5,45 triliun. MDIA merupakan salah satu perusahaan media yang terafiliasi dengan Grup Bakrie. Jajaran direksi atau direktur utama dari Intermedia Capital dijabat oleh Erick Thohir yang merupakan salah satu pengusaha sukses.

ANTV, yang sebelumnya dikenal sebagai ANteve awalnya bersiaran di Bandar Lampung sejak 1 Januari 1993, hingga pada akhirnya bersiaran di Jakarta 2 bulan kemudian. Stasiun ini dimiliki oleh MDIA yang merupakan kelompok perusahaan media dan merupakan anak perusahaan dari Visi Media Asia. Sedangkan Visi Media Asia (VIVA) merupakan kelompok usaha media milik Grup Bakrie yang dikelola oleh Anindya Bakrie sebagai Direktur Utama.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.