Menu Tutup

Ikuti Google, Intel dan Qualcomm Putus Hubungan dengan Huawei

Hai, MedForians!

Akhir pekan lalu jadi minggu yang buruk bagi Huawei. Setelah Amerika Serikat (AS) memasukkan mereka ke daftar hitam perdagangan negara tersebut, kini diikuti dengan sejumlah perusahaan AS yang mulai menghentikan kerja sama dengan perusahaan teknologi Tiongkok itu.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya pemerintah AS melarang perusahaan-perusahaan AS untuk berbisnis dengan Huawei.

Terbaru adalah ketika Google menghentikan dukungan update Android terhadap perusahaan asal China tersebut.

Setelah Google, tiga perusahaan perancang dan pemasok chip terkemuka di dunia, yakni Intel, Qualcomm, dan Broadcom menyusul langkah Google dengan memutuskan hubungan terhadap perusahaan asal China itu. Demikian dikutip dari The Verge melalui Tekno Liputan6, Senin (20/5).

Pemutusan hubungan antara ketiga perusahaan di atas dengan Huawei kabarnya bakal segera berlaku.

Menurut sumber Bloomberg, karyawan di seluruh perusahaan pembuat chipset utama AS telah diberitahu bahwa perusahaan mereka akan membekukan penawaran pasokan dengan Huawei, hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.

Sekadar informasi, Intel memberi Huawei chip server dan prosesor untuk jajaran laptop asal perusahaan China tersebut. Sementara itu, Qualcomm menyediakan modem dan prosesor dalam jumlah minim.

Huawei Sudah Persiapkan Diri

Huawei sebenarnya cukup terisolasi dari dampak Qualcomm. Oleh karenanya, mereka membangun prosesor dan modem seluler sendiri.

Laporan Bloomberg lain menyebut, mereka telah mempersiapkan kemungkinan ini dengan menimbun chip dari pemasok AS untuk bertahan setidaknya tiga bulan.

Seharusnya hal ini cukup untuk mengetahui apakah tindakan AS hanya menakut-nakuti atau permanen.

Sekadar informasi, Huawei telah mengembangkan alternatif untuk OS Android dan Windows, tujuannya adalah mengatasi situasi seperti sekarang ini.

Belum Ada Komentar dari Microsoft

Microsoft sendiri belum mengomentari apakah mereka akan terus menyediakan OS Windows untuk laptop Huawei, namun kemungkinan, Microsoft akan menghormati perintah pemerintah AS.

Upaya pemerintah AS untuk mengesampingkan Huawei memang telah berlangsung lama. Sebelumnya Huawei ditolak memasuki pasar smartphone AS.

Peningkatan saat ini adalah bagian dari pertikaian perdagangan yang semakin tidak bersahabat antara pemerintah Trump dan pemerintah Tiongkok.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×