Menu Tutup

Instagram dan WhatsApp “Down”, Tidak Dapat Diakses di Pulau Jawa

Hai, MedForians!

Dua media sosial ini sepertinya sedang tidak dapat diakses!

Server “Down”

Beberapa netizen di internet melaporkan bahwa mereka tidak dapat menggunakan WhatsApp dan Instagram.

Penulis juga tidak dapat mengakses kedua media sosial tersebut. Awalnya penulis menduga mungkin internet sedang tidak stabil.

Namun, setelah ditelusuri, hanya Instagram dan WhatsApp yang tidak loading. Aplikasi lainnya, seperti YouTube dan internet pada umumnya masih dapat diakses seperti biasa.

Menggunakan situs pendeteksi ketersediaan akses di Downdetector, dapat dilihat bahwa terdapat beberapa wilayah yang mengalami kendala ini.

Pantauan Instagram

Wilayah yang paling parah terdampak adalah pulau Jawa. Dapat dilihat bahwa saat ini pulau Jawa ditutupi oleh gradasi warna kuning dan oranye pekat. Hal ini menandakan situs instagram tidak dapat diakses di wilayah tersebut.

Selain pulau Jawa, terdapat beberapa tempat lain yang terdampak, walau tidak se-ekstrim pulau mayoritas penduduk Indonesia berada.

Kendala ini juga terdampak di negara tetangga, yaitu Singapura dan Malaysia. Sedikit lebih jauh, maka terlihat bahwa Jepang juga melaporkan tidak dapat mengakses Instagram.

Lebih jauh lagi, negara-negara di Eropa juga terdampak oleh kendala ini. Inggris menjadi negara yang paling terdampak, disusul oleh Perancis, Jerman, Portugis, Irlandia, Italia, Belanda, Polandia, Hungaria, dan Russia.

Pada benua Amerika, terlihat bahwa Amerika Serikat cukup terdampak oleh kendala server “down” ini.

Wilayah pesisir barat dan timur ditutupi oleh “awan” ketidaksediaan server Instagram, terutama untuk negara bagian California dan wilayah sekitar New York.

Amerika Selatan juga tidak luput dari masalah ini. Negara Brazil dan tetangganya juga tidak dapat mengakses Instagram, walaupun tidak separah Amerika Utara.

Pantauan WhatsApp

Untuk WhatsApp, hal yang serupa dapat dilihat dari map ini.

Sebagian besar pulau Jawa diwarnai oleh warna oranye pekat, sehingga dampak di wilayah ini paling besar.

Bedanya dengan Instagram, sepertinya masalah WhatsApp tidak menyebar luas. Hal ini dikarenakan negara-negara lain tidak melaporkan kendala yang se-ekstrim di Indonesia, khususnya Jawa.

Lagi-lagi, negara di Eropa melaporkan kendala yang sama, dengan wilayah negara yang terdampak mirip dengan Instagram.

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian mengalami hal serupa? Yuk berikan tanggapannya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×