Menu Tutup

[Liputan] Harumatsuri 14 – “Ngewibu” di Jakarta Timur!

Hai, MedForians!

Media Formasi berkesempatan datang ke acara “jejepangan” di Jakarta Timur!

Apa itu Harumatsuri?

Harumatsuri (Bahasa Indonesia: festival musim semi) adalah event lomba dan penampilan bertemakan Jepang yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA).

Acara festival ini dibagi menjadi dua hari, yaitu pada hari Rabu, 1 Mei 2019, dan hari Jumat, 3 Mei 2019. Hari pertama diselenggarakan di FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) UHAMKA. Hari kedua diselenggarakan di Mall Tamini Square.

Pada hari pertama, yang bertepatan dengan Hari Buruh, pihak Harumatsuri menyelenggarakan berbagai macam perlombaan yang bertemakan pendidikan, mulai dari menggambar, menyanyi (solo karaoke), pidato, mading (majalah dinding), hingga cerdas cermat.

Pada hari kedua, pihak panitia menyelenggarakan acara perlombaan dan konser lainnya, seperti lomba cosplay, band akustik, hingga penampilan dari berbagai macam guest star.

Penasaran bagaimana keseruan Harumatsuri 14 ini? Media Formasi akan menceritakannya untuk kalian!

Hari Pertama – Kampus FKIP UHAMKA

Hari pertama Harumatsuri 14 diwarnai dengan berbagai acara perlombaan pendidikan.

Rundown Hari Pertama (1 Mei 2019)

Acara hari pertama ini sudah mulai dibuka dari pagi hari, yaitu sekitar jam 07.00 WIB. Kemudian sesi sebelum siang ini diwarnai dengan berbagai penampilan dari pihak UHAMKA, seperti pembukaan acara dan paduan suara.

Setelah ada sesi istirahat pada tepat pukul 12.00 WIB, dimulailah berbagai macam acara perlombaan ini.

Sebagian besar acara perlombaan diadakan di dalam ruangan, seperti di dalam kelas hingga dalam aula. Perlombaan itu antara lain adalah menggambar (fanart), kana takai, otoya, kanji, mading, cerdas cermat, dan pidato.

Nantinya, bagi 3 finalis dari lomba cerdas cermat dan karaoke akan tampil di panggung pada sore hari di hari yang sama. Perlombaan karaoke juga akan ditampilkan diatas panggung.

Semakin Sore Semakin Ramai

Karena sebagian besar acara dilakukan dalam ruangan, maka sesi outdoor, dimana terdapat stan makanan dan jual beli merchandise, relatif lebih “sepi” jika dibandingkan dengan acara jejepangan pada umumnya.

Lalu, bagi kalian yang haus, disini kalian dapat membeli produk Yuzu Tea yang selalu menghampiri kalian selama dua hari untuk menawarkan minuman segar dari pagi hingga selesai acara.

Walaupun begitu, pada saat menjelang sore hari, makin banyak pengunjung yang berdatangan. Terutama setelah ajang perlombaan dalam ruangan telah selesai, lapangan utama FKIP menjadi ramai.

Selain dari berbagai aktivitas yang dilakukan pengunjung dan peserta lomba, acara ini juga diramaikan oleh para cosplayer dan komunitas, salah satunya adalah Herocos ID.

Perlombaan Para Finalis

Menjelang sore hari, maka pemenang finalis pun akan tampil di panggun utama. Ya, walau terlihat kecil, penampilan mereka mampu membuat suasana seluruh area kampus menjadi semangat. Lomba yang ditampilan di panggung utama ini antara lain adalah finalis karaoke dan cerdas cermat.

Sebagai acara penutup, pihak Harumatsuri mengajak seluruh pengunjung untuk berpartisipasi dalam Bon Odori.

Begitulah situasi pada hari pertama Harumatsuri 14.

BACA JUGA :  [FOKUS] Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjadi Cosplayer

Tapi ini belom berakhir loh, MedForians! Masih ada hari kedua, yaitu pada Jumat, 3 Mei 2019.

Hari Kedua – Mall Tamini Square

Nah, pada hari kedua ini, Harumatsuri 14 digelar di outdoor Mall Tamini Square, Jakarta Timur.

Rundown Hari Pertama (3 Mei 2019)

Acara pada hari ini lebih berorientasi pada penampilan dan konser. Pada setengah hari pertama, yaitu pada pagi hari dari jam 10.00 WIB hingga 11.10 WIB, dimeriahkan oleh lomba yang relatif santai, yaitu Bon Odori sebagai pembukaan, serta sesi Games dan lomba makan.

Kemudian, ada sesi istirahat yang cukup lama, yaitu berlangsung sekitar 2 jam. Hal ini bertujuan untuk memberi waktu untuk melakukan Salat Jumat dan memberikan lingkungan kondusif untuk wilayah sekitar.

Setelah sesi tersebut berakhir, acara utama dari festival ini pun dimulai.

Perlombaan Utama

Diawali dengan kompetisi cosplay, dimana berbagai cosplayer menampilkan diri mereka dengan percaya diri. Lomba cosplay dilanjutkan dengan lomba otoya, yaitu tebak-tebakkan mulai dari judul lagu hingga lirik lagu.

Terlihat juga banyak pengunjung yang mulai meramaikan acara ini. Tentunya, semakin sore, semakin banyak pengunjung. Pengunjung ini datang dari berbagai kalangan, ada orang tua, mahasiswa, hingga pelajar.

Pengunjung juga dapat mendatangi berbagai stan yang disediakan, mulai dari stan makanan hingga stan merchandise. Sebagian memilih untuk berwisata kuliner, ada juga yang memilih untuk khilaf disini.

Kemudian acara ini berhenti sementara dalam sesi istirahat.

Setelah itu, diumumkanlah pemenang lomba dari hari sebelumnya di FKIP UHAMKA.

Sesi ini dilanjutkan oleh penampilan akustik dari berbagai macam kelompok. Salah satunya adalah pemain angklung arumba, yang uniknya terdiri dari orang-orang Jepang.

Selain pemain tradisional, ada juga penampilan dari tim akustik yang memainkan lagu-lagu Jepang saat ini.

Grup musik tersebut, sekaligus menjadi finalis pemenang lomba akustik, antara lain adalah SMANLI, Jempol Kejepit, dan Invisible Feeling.

Setelah penampilan akustik yang membuat panggung utama meriah, datanglah sesi istirahat.

Setelah istirahat, dua MC (Master of Ceremony) dari Harumatsuri 14 pun mengisi waktu kosong sebelum penampilan guest star dengan berbagai macam informasi menarik. Selain itu, mereka juga mengadakan sesi games yang tidak kalah asik dengan kegiatan acara utama.

Penampilan Guest Star

Akhirnya, penampilan yang paling ditunggu-tunggu akan segera dimulai. Penampilan tersebut adalah performance dari berbagai guest star yang akan “meledakkan” suasana panggung utama dan area Harumatsuri 14 keseluruhan.

BACA JUGA :  Kei Takebuchi Hadir sebagai Guest Star Gelar Jepang UI 2019

Pertama-tama tampil sebuah grup musik bernama HYDRA. Mereka membawakan lagu-lagu dengan tema rock dengan asik dan meriah, bahkan sangat aktif berinteraksi dengan penonton.

Setelah diramaikan oleh penampilan mereka, kini penonton memerlukan suasana santai dan “melow” untuk mengembalikan energi mereka.

Untuk itu, datanglah guest star kedua, yaitu PUREI. Mereka membawakan lagu-lagu santai yang bertemakan cinta yang mampu membuat penonton merasa tenang, atau mungkin sedikit galau.

Setelah penonton merasa “sejuk”, kini mereka akan segera mengeluarkan seluruh tenaga mereka untuk penampilan guest star ini.

Kali ini yang akan tampil adalah Astro Paper. Mereka membawakan lagu-lagu populer dan soundtrack anime yang pasti kalangan “wibu” sudah mengetahuinya.

Mereka membawa lagu yang jumlahnya tidak sedikit. Dengan staminanya yang layaknya sudah level 100, Astro Paper benar-benar membuat panggung utama Harumatsuri 14 “meledak” dalam kemeriahan.

Cape, namun puas. Tentunya karena musik, ya MedForians?

Sudah mencapai penghujung acara, pihak Harumatsuri 14 mengajak seluruh pengunjung serta guest star untuk merasakan kebersamaan dengan Odori.

Setelah bernyanyi dan berlompat bersama, acara ini diakhiri dengan Hanabi beserta ucapan terima kasih dari pihak Harumatsuri 14.

Begitulah suasana acara hari kedua Harumatsuri 14.

Dua Hari yang Menggelegar

Acara yang berlangsung dua hari ini sungguh membuat semua pihak merasa senang dan puas.

Kerja keras dari pihak Harumatsuri 14, kerja sama pihak UHAMKA, sponsor, dan media partner, serta pengunjung, guest star, dan peserta lomba yang telah memeriahkan acara ini, membuat Harumatsuri 14 dapat berlangsung dengan lancar.

Kami dari tim redaksi Media Formasi juga mengucapkan terima kasih kepada Harumatsuri 14 karena telah megundang kami untuk menjadi media partner dan ikut merayakan kebersamaan ini.

Kelanjutan dari “festival musim semi” ini akan selalu dinantikan oleh fans “jejepangan”!

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian sempat datang ke acara ini? Yuk berikan tanggapannya!

MedForians Wajib Baca Ini!