Menu Tutup

Liputan Langsung Pertama dengan Jaringan 5G, Gagal

Hai, MedForians!

Saat ini dunia dengan gegap gempitanya menyambut kehadiran generasi baru dalam jaringan telekomunikasi, yakni 5G. Jaringan 5G kini sedang dikembangkan di beberapa negara, yakni Korea Selatan, Inggris, dan beberapa negara bagian di Amerika Serikat.

Hal ini dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk mencoba mengaplikasikan penggunaan jaringan 5G dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih liputan siaran televisi yang kadang-kadang menggunakan Video Call melalui jaringan selular untuk melaporkan peristiwa yang terjadi saat itu.

Salah satu negara yang mencoba mengaplikasikan 5G dalam konten siaran televisinya ialah Inggris. BBC, perusahaan penyiaran publik milik Pemerintah Kerajaan Inggris ini mencoba melakukan siaran laporan langsung dengan menggunakan internet 5G yang baru dioperasikan secara komersil di Inggris. Hasilnya, ternyata di luar ekspetasi.

Di awal liputan dimulai, semua berjalan baik-baik saja. Gambar dan suara siaran bagus dan jernih. Namun beberapa detik kemudian, gangguan pun terjadi. Bahkan tayangan yang disajikan hanya memunculkan suara saja yang normal. Hal ini terjadi di kala reporter cantik dari BBC Clive Myrie tengah melaporkan peluncuran teknologi 5G di Inggris.

Pada akhirnya, siaran langsung itu terpaksa dipotong. Sang presenter ini pun meminta maaf atas gangguan ketika peliputan tersebut.

Video dari akun YouTube resmi BBC News ini menjelaskan bagaimana kejadian gangguan tersebut terjadi. Berikut cuplikannya:

Bagaimana tanggapan kalian, MedForians?

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×