Manga Spin-Off Haruhi Suzumiya-chan Berakhir di Jilid 12

Pop Kultur 3 Mei 2019

Hai, MedForians!

Hari ini, Kamis (2/50, Kadokawa menerbitkan jilid ke-12 tankobon manga spin-off Haruhi Suzumiya-chan karya Puyo. Ini sekaligus jadi penutup seri komedi resmi novel ringan Haruhi Suzumiya karya Nagaru Tanigawa. Sebagai bonus, Tanigawa menulis cerita pendek ditambah ilustrasi dari Noizi Ito yang membuat ilustrasi dari novel aslinya dan ilustrator manga Gaku Tsugano.

Kisah Melankolis Haruhi Suzumiya-chan terbit pada majalah bulanan Shonen Ace terbitan Kadokawa sejak Juli 2007 hingga Desember 2018 lalu. Manga spin-off ini diadaptasi dalam 25 episode pendek oleh Kyoto Animation yang juga mengerjakan animenya. Kesemuanya diunggah di laman YouTube. Crunchyroll menayangkan seluruh episodenya dengan terjemahan berbahasa Inggris.

Sampul jilid ke12 Haruhi Suzumiya-chan
Sampul jilid ke-12 Haruhi Suzumiya-chan

Sementara novel aslinya telah hiatus sejak 2011, Tanigawa menulis cerita pendek sebanyak 120 halaman yang berjudul “Nanafushigi Overtime”. Cerita pendek ini terbit dalam rangka peringatan 30 tahun majalah novel ringan Sneaker Bunko terbitan Kadokawa pada Oktober 2018.

Meskipun hiatus, novel asli Haruhi Suzumiya dirilis ulang dengan sampul baru per jilid nya.

Spin-off dari Haruhi Suzumiya ini merupakan versi chibi dari aslinya. Seluruh karakter didesain oleh Noizi Ito yang membuat ilustrasi dari novel aslinya.

Novel asli Haruhi Suzumiya mengisahkan keseharian klub SOS yang diisi oleh Kyon, Haruhi, Asahina, Nagato, dan Itsuki. Kyon sebelumnya adalah siswa SMA biasa seperti kebanyakan siswa lainnya. Namun, kehidupannya berubah dari kehidupan biasa menjadi kehidupan yang luar biasa setelah bertemu dengan Haruhi. Setelah pertemuannya dengan Haruhi, kemudian hadirlah Asahina sang penjelajah waktu, Nagato yang merupakan alien, dan Itsuki yang merupakan esper. Adaptasi anime oleh Kyoto Animation sempat viral dengan tarian Hare Hare Yukai dan misteri dari Endless Eight.

Di hari yang sama, Urushiba Sarara wa Koi nado Shinai! jilid ke-2 yang juga karya dari Puyo juga rilis. Memperingati rilisnya kedua karya ini secara bersamaan, Kadokawa umumkan kampanye spesial. Dengan mengirimkan kupon yang tercetak di sampul kedua jilid, 200 pembeli beruntung akan mendapat stan akrilik yang digambar oleh Puyo. Cukup menggiurkan bukan?

Jilid pertama dan kedua dari Urushiba Sarara wa Koi nado Shinai!

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.