Menu Tutup

Menghafal Al-Qur’an Lebih Seru dengan Game Ini! #REPLIKA

Hai, MedForians!

Bulan Ramadhan merupakan bulan Al-Qur’an, di mana Al-Qur’an turun dengan sucinya dari langit melalui perantara Malaikat Jibril hingga sampai ke baginda kita, Nabi Muhammad.

Aktivitas Ramadhan rasanya terasa hambar apabila tidak melaksanakan kegiatan rohani lebih banyak dibanding di luar Ramadhan seperti membaca ataupun menghapal Al-Qur’an, mengikuti kajian-kajian Islami, dan sebagainya.

Karena itulah, alasan muncul game yang mewajibkan pemain untuk menghafal Al-Qur’an dengan nama Hafalan Quran. Game buatan Tim Anak Saleh ini. Game ini di desain untuk memudahkan orang-orang untuk menghapal Al-Qur’an. Game ini sukses membuat warga Indonesia antusias mendengar game religius ini.

Game ini dibuat tepat sebelum bulan Ramadhan dan hingga saat ini sudah 100 ribu lebih pengguna pernah menggunakan game ini. Dengan menggunakan mesin Unity3DAndroid mereka yakin dapat membantu orang-orang agar dapat menghafal Al-Qur’an dengan mudah.

Akhirnya, redaksi mencoba mencicipi game ini menggunakan Xiaomi Redmi 5 Prime yang sempat redaksi review tahun lalu dan mendapatkan berbagai kelebihan dan kekurangan dari game tersebut.

UI/UX (Menu)

Cukup materialis dan temanya lumayan menggunakan unsur cyber dan fiksi.

Pertama kali redaksi melihat tampilan menu, redaksi sempat mengecek ulang apakah benar game ini adalah Hafalan Quran. Dengan tema materialis dan fiksi yang digunakan dalam komposisi UI/UX game ini, secara langsung dapat membuat anak-anak menjadi semangat karena tema tersebut menggambarkan semangat dan petualangan.

Untuk konfigurasi dalam game ini lumayan sedikit, karena redaksi yakin pemain hanya ingin belajar menghafal Al-Qur’an dan hanya mau mengambil mudahnya saja, mesti mengatur ini-itu agar pengalaman bermainnya lebih nyaman.

Untuk pemilihan level/surat, untungnya game ini menyediakan Scroll tepat di sebelah kanan daftar surat sehingga memudahkan pemain untuk menavigasi surat apa saja yang sudah/belum dihafal.

Mode Membaca

Membaca, seperti membaca Al-Qur’an pada umumnya.

Dalam game ini memiliki mode membaca dimana pemain tidak perlu menghafal karena mode tersebut berfungsi seperti Al-Qur’an pada umumnya. Jadi, dengan game ini pemain juga dapat membaca Al-Qur’an dikala senggang.

Tips: Gunakan fitur ini sebelum terjun dalam mode Menghafal. Ibaratnya sebelum hafalan anda dites dalam game ini, pemain menghafal seperti biasanya.

Mode Menghafal

Ini adalah fitur kunci di dalam game ini.

Dalam mode ini, tugas anda untuk mencocokkan potongan kalimat dalam setiap ayat dari surah yang bisa dipilih. Terdapat sistem Life Point yang fungsinya seperti Life Point pada umumnya, apabila pemain menjawab potongan kalimat yang salah, maka Life Point tersebut berkurang sebanyak satu poin. Tapi tenang, apabila pemain melewati ayat baru, Life Point akan kembali semula lagi.

“Bahkan anak kecil pun tau surah ini”

Sistem penilaian juga terdapat di dalam game ini. Sistem penilaian dalam game ini berbentuk bintang. Apabila kalian menjawab semua potongan kalimat dengan benar, maka pemain akan mendapatkan total 6 bintang di ayat tersebut.

Tapi, kami sangat menyayangkan sesuatu di dalam game ini.

Al-Baqarah non-stop.

Redaksi tidak disediakan checkpoint apabila memasuki surah yang sangat panjang sekali seperti Al-Baqarah ini, sehingga mau tidak mau pemain dipaksa sebelum memainkan level ini harus menghapal semua ayat di dalam surah ini.

Kesimpulan

Sebagai time killer saat Ramadhan, game ini sangat worth dari nilai spiritual dan keseruan. Pemain dipaksa menghapal ayat suci Al-Qur’an sehingga unsur spiritual dan keduniaan di dalam game ini sangat seimbang.

Bagaimana dengan MedForians, Ingin memainkan game ini?

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×