MUI Minta Program Pesbukers Dihentikan, Ini Alasannya!

Media 29 Mei 2019

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari program Pesbukers yang kembali menuai kontroversi. Kali ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta program tersebut dihentikan.

Dilansir dari Kompas.com dan Antara, Selasa (28/5), dua program Ramadhan dari Pesbukers dicekal MUI, yakni Sahurnya Pesbukers dan Pesbukers Ramadhan.

MUI menganggap program yang ditayangkan ANTV ini tak memperbaiki kualitas konten acara usai beberapa kali mendapat teguran.

Sebelumnya, pada Ramadhan 2018 lalu, dua program itu termasuk dalam lima program yang direkomendasikan MUI untuk dihentikan tayangannya karena kontennya yang buruk, apalagi untuk bulan Ramadhan.

Tiga program TV Ramadhan lainnya, yaitu Ramadhan di Rumah Uya (Trans 7), Brownis Sahur (Trans TV) dan Ngabuburit Happy (Trans TV) sudah tidak tayang tahun ini setelah pada bulan puasa 2018 MUI menyarankan henti penayangan.

Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi KH Masduki Baidlowi menyatakan bahwa program tersebut tak mengindahkan imbauan yang ada atas kualitas tayangan.

Masduki Baidlowi (foto: inisiatifnews.com)

“MUI minta otoritas bidang penyiaran memberi sanksi berat pada dua program ini dengan menghentikan program, mengingat tak terlihat adanya iktikad baik pembenahan,” kata Masduki.

Komisi I DPR yang membidangi penyiaran, kata dia, juga perlu lebih serius menempuh langkah-langkah yang membuat industri televisi lebih mematuhi regulasi, nilai agama dan asas-asas kepatutan dan kesopanan dalam masyarakat.

“MUI memberi sorotan khusus pada program Sahurnya Pesbukers dan Pesbukers Ramadhan di ANTV pada bulan Ramadhan 1440 Hijriah/2019 ini,” kata dia.

Hal itu dilihat dari teguran yang dilayangkan KPI sejak tahun 2012 kepada beberapa program acara Ramadhan tak diperhatikan.

Ada beberapa adegan menurut MUI yang tak pantas untuk ditampilkan, apalagi saat bulan Ramadhan. Salah satunya, Pesbukers Ramadhan yang ditayangkan pada 15 Mei 2019.

Dalam episode itu, presenter Raffi Ahmad dianggap menunjukkan hal tak pantas ketika memeluk dan beberapa kali mencium tangan pedangdut Zaskia Gotik.

Lalu, ada pula dialog yang dianggap MUI berisi hinaan fisik. Misalnya, ketika Zaskia mengatakan kepada pemain lainnya, “Heh, Lu yang bener aja. Lu enggak sadar badan lu tuh kayak truk gandeng,”.

Sementara itu, untuk program Sahurnya Pesbukers yang tayang tiap pukul 02.00-04.30 WIB direkomendasikan MUI untuk dihentikan karena justru mempertontonkan tarian dengan menghadirkan penari-penari yang memamerkan keindahan tubuhnya. Tarian ini bahkan turut diikuti puluhan penonton yang ada di lokasi acara.

Padahal menurut beliau, “Sahurnya Pesbukers” yang tayang tiap pukul 02.00-04.30 WIB atau sepertiga malam terakhir merupakan waktu yang mustajab untuk munajat dan shalat malam.

Dia juga mengatakan tayangan yang dibintangi Luna Maya, Vega, Raffi Ahmad, Angel Lelga, Ayu Ting-ting, Aziz, Ruben, Eko Patrio, Zaskia Gotik itu banyak berisi dialog dan adegan yang tidak pantas.

Masduki mencontohkan terdapat adegan pelukan mesra, lama dan erat antara Sangket dan Anjela pasangan kekasih yang berulang tahun saat itu dan ditepuk tangani oleh pemain lainnya.

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.