Menu Tutup

Parlemen Jepang Izinkan NHK Bersiaran Secara Daring

Hai, MedForians!

Lembaga penyiaran publik Jepang, NHK mendapat izin dari Parlemen Jepang untuk bersiaran secara simultan melalui internet. Izin tersebut didapat setelah undang-undang penyiaran Jepang direvisi dalam sebuah sidang yang berlangsung hari ini (29/5).

Revisi UU Penyiaran tersebut disahkan Majelis Tinggi dengan dukungan dari partai berkuasa dan sejumlah oposisi. Revisi undang-undang tersebut mencerminkan batasan layanan penyiaran dan daring semakin samar. Revisi undang-undang tersebut mengharuskan NHK untuk mengajukan dan mempublikasikan rencana pelaksanaan yang berkaitan dengan layanan internetnya setiap tahun.

Dikutip dari NHK World, stasiun penyiaran tersebut akan membuat aturan yang nantinya akan disetujui oleh Menteri Komunikasi. Menteri Komunikasi akan mengkaji secara rinci apakah aturan tersebut layak jika dikaitkan dengan sistem anggaran pendapatan stasiun ini. Selama ini, lembaga penyiaran tersebut mendapat pemasukan dari iuran dan iklan.

Cuplikan rapat yang berlangsung di Parlemen Jepang (Sumber: NHK World)
Cuplikan rapat yang berlangsung di Parlemen Jepang (Sumber: NHK World)

Dalam pernyataannya, NHK menyebutkan akan mulai melakukan persiapan secara penuh untuk penyiaran televisi secara simultan di internet, dengan merujuk pada pendapat anggota parlemen dan aturan tambahan yang tercantum dalam undang-undang.

Lembaga penyiaran publik tersebut juga menambahkan bahwa mereka akan melanjutkan upaya untuk memastikan hak publik untuk mengetahui, dan berkontribusi pada pengembangan demokrasi dan budaya yang telah dilakukan bersama dengan stasiun penyiaran komersil.

Jika beberapa stasiun televisi di dunia telah lebih dulu bersiaran melalui live streaming di internet, hampir semua stasiun di Jepang belum melakukannya.

Kalaupun ada, itu harus menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tentunya tidak resmi. Dengan revisi UU Penyiaran ini, NHK menjadi stasiun penyiaran Jepang pertama yang secara resmi bersiaran melalui internet.

NHK World Telah Melakukannya Lebih Dulu

Sebelum amandemen ini, stasiun internasional milik NHK, yakni NHK World telah bersiaran secara daring lebih dulu melalui situs web resminya. Bahkan, NHK World juga menyediakan video on demand untuk beberapa acara menarik, seperti Newsline dan Super Saitama.

Ini akan jadi kabar yang menggembirakan, dimana stereotip mengenai penyiaran Jepang yang region lock perlahan memudar.

Terlebih, dengan semakin dekatnya olimpiade dan semakin canggihnya teknologi penyiaran negeri Matahari Terbit, setelah diluncurkannya siaran televisi 4K dan 8K. Ini akan jadi era baru dalam penyiaran Jepang setelah transisi era kekaisaran yang telah berlangsung awal bulan lalu. Nantinya, selain acara berita, drama, dan olahraga, siaran Kōhaku Uta Gassen juga diharapkan dapat tayang secara daring juga.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×