Menu Tutup

Pemerintah China Blokir Total Situs Wikipedia

Hai MedForians!

Berita berikut ini mengenai pemerintah China yang memblokir Wikipedia dalam semua Bahasa.

Blokir Total

Dilansir dari Kumparan dan Detik INET (15/5/2019), pemerintah China telah resmi memblokir total Wikipedia, dengan begitu, Wikipedia dalam berbagai bahasa sudah tidak bisa diakses lagi di negara China.

Sebelumnya, China hanya memblokir Wikipedia dalam bahasa China, serta halaman yang mengandung konten sensitif terkait Dalai Lama dan pembantaian Tiannamen.

Open Obsevatory of Network Interference (OONI), kelompok riset sensor internet, melaporkan pemblokiran Wikipedia telah dilakukan sejak akhir April 2019.

Yayasan Wikimedia, pengelola Wikipedia, mengatakan mereka tidak menerima pemblokiran Wikipedia yang dilakukan oleh pemerintah China.

BACA JUGA :  Dihempas dari SD Association, Huawei Dilarang Pakai SD Card

Pada tahun 2017, Wikipedia juga diblokir di Turki. Alasannya kurang jelas, tetapi salah satu penyebabnya adalah Wikipedia dianggap sering digunakan untuk mengkritik kebijakan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Wikipedia sering mendapatkan kritik, karena bersifat terbuka, informasi di artikel tersebut bisa disunting oleh siapa saja dan menyebabkan kontroversi.

Tetapi, Wikipedia dan pengelolanya selalu mengedukasi pengguna agar tidak menyalahgunakan kebebasan menyunting informasi yang tersedia di Wikipedia.

Sebelum Wikipedia masuk daftar hitam di China, beberapa situs lain pun sudah ada yang masuk dalam daftar ini, seperti Google, Facebook, LinkedIn, dan sebagainya. Untuk bisa mengakses situs dalam daftar tersebut, pengguna di China harus menggunakan Virtual Private Network (VPN).

BACA JUGA :  Perlu Kirim Gambar Namun Dibatasi Pemerintah? Berikut Solusinya #REPLIKA

Dari Indeks World Press Freedom Reporter Without Border 2019, China mendudukii peringkat 177 dari 180 negara yang tingkat keterbukaan informasinya rendah (semakin rendah peringkat, maka negara tersebut semakin tertutup).

Bagaimana, MedForians? Yuk berikan tanggapannya!

MedForians Wajib Baca Ini!