Menu Tutup

Pemerintah Jepang Buat Anime Bertema Donor Darah

Hai, MedForians!

Pemerintah Jepang melalui Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Sosial meluncurkan anime berdurasi pendek. Anime bertajuk The Birth of KKT21 ini dibuat untuk mengajak masyarakat agar turut serta dalam mendonorkan darahnya. Terutama, bagi yang berusia diatas 16 tahun.

Dikutip dari Soranews24, anime bernuansa idol ini menceritakan Sara, anggota grup idola yang datang terlambat sehabis menabrak seseorang yang akan pergi menuju mobil donor darah.

Ia meminta maaf sekaligus memberi arahan di mana mobil tersebut berada. Alasan yang diceritakan Sara ini membuat manajer mendapat ide untuk memberi nama grup baru ini sebagai KKT21. Nama tersebut berarti Kenketsu (Donor Darah) abad ke-21.

Setelah terbentuk, mereka lebih banyak berbicara tentang darah. Dalam salah satu bagian dari anime berdurasi 5 menit ini, mereka juga menyanyi untuk mengajak turut serta menyumbang darah. Lagu yang mereka nyanyikan adalah lagu debut mereka yang berjudul “A-B-O-AB! -Ima no Kimi ni Dekiru Koto-“.

BACA JUGA :  Tak Terduga, Ban Bridgestone Ternyata "Tampil" dalam Anime Machikado Mazoku

Pelajaran Berharga yang Didapat

Para gadis remaja ini mendapat pelajaran berharga. Ilmu pengetahuan modern masih tidak dapat mensintesis darah manusia, dan juga bahwa sampel darah tidak dapat bertahan untuk waktu yang lama.

Artinya, ada permintaan penyumbang darah yang terus menerus terjadi. Terlebih, peristiwa tak terduga seperti kecelakaan atau bencana alam pasti terjadi tanpa perlu mengetahui kapan akan terjadi. Untungnya, mereka menemukan ada mesin pencarian yang dapat mengarahkan calon donor ke tempat donor darah.

Meskipun salah satu anggota KKT21, Masumi berusia dibawah ambang batas untuk melakukan donor, setidaknya ia tidak terlalu muda untuk terharu hingga menangis dengan membaca pesan terima kasih dari orang-orang yang hidupnya diselamatkan oleh transfusi darah.

BACA JUGA :  Sairi Itou dan Gegege no Kitaro Menangkan Penghargaan dalam Galaxy Awards

Kalian dapat menonton anime ini melalui video YouTube berikut.

Meskipun secara kualitas grafis belum dapat setara dengan anime kebanyakan, toh Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Sosial Jepang telah berusaha keras menggaet masyarakat, khususnya otaku untuk ikut donor darah.

Semoga di lain kesempatan, kementerian ini dapat bekerjasama dengan salah satu studio animasi untuk membuat anime ini menjadi lebih baik.

Kembali ke Atas

BACA JUGA...

×