Menu Tutup

Pisah dengan Android, Huawei Kembangkan HongMeng OS

Hai, MedForians!

Perusahaan asal Negeri Tirai Bambu akan mengembangkan pengganti Android milik Google!

Sistem Operasi Pengganti

Ungkapan “panik” mungkin sebuah kata yang dapat mendeskripsikan kejadian ini.

Semenjak Huawei sudah kehilangan lisensi penggunaan Android, mimpi buruk perusahaan teknologi ini pun terjadi.

Walaupun begitu, mereka ternyata sudah bersiap untuk menghadapi skenario terburuk ini.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Huawei Central melaporkan Huawei sudah mengembangkan ‘Hongmeng’. Ini merupakan sebuah sistem operasi pertama yang dikembangkan sendiri oleh Huawei. Rencananya Hongmeng akan dipakai untuk menggantikan sistem operasi Android Google.

Sumber Huawei Central mengatakan Hongmeng menggunakan arsitektur yang berbeda dari Android dengan berbasis pada Linux. Sistem operasi ini sudah dikembangkan sejak 2012. Tetapi belum ada kepastian kapan sistem operasi baru ini akan diluncurkan secara publik.

Berbeda dari Android

Hongmeng akan bisa digunakan lintas platform termasuk ponsel dan notebook. Namun, pengembangan Hongmeng menghadapi beberapa tantangan ketika diluncurkan secara komersial. 

“Masalah yang paling menantang bagi Hongmeng adalah pada pembentukan ekosistem inti. Jika perusahaan meninggalkan kerangka kerja Linux + Java Android dan langsung mengadopsi arsitektur sistem baru, itu akan membuat sistem Hongmeng tidak kompatibel dengan Aplikasi berbasis Android saat ini,” ujar sumber Huawei Central, seperti dikutip Selasa (21/5/2019).

Sumber tersebut menambahkan Hongmeng juga memiliki keunggulan karena memiliki dukungan luas dengan kemampuan hardware Huawei yang ada saat ini.

“Setelah OS keluar dari ekosistem perangkat lunak pendahulunya, maka ada peluang bagus bahwa Hongmeng akan menjadi salah satu sistem operasi seluler terbaik dan terbesar di dunia,” tambahnya.

Adapun untuk pemasok chip, Huawei telah membentuk anak perusahaan bernama HiSilicon. Anak usaha ini memproduksi chip bernama Kirin.

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian nanti ingin mencoba sistem operasi lain selain Android? Yuk berikan tanggapannya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×