Ponsel Nokia 4.2 Hadir dengan Tombol Dedikasi "Google Assistant"

Teknologi 9 Mei 2019

Hai, MedForians!

Ponsel Nokia Android kembali hadir untuk kita semua!

Ponsel Kekinian

Menyambut awal bulan Ramadhan, HMD Global meluncurkan ponsel menengah terbarunya di pasaran Indonesia, Nokia 4.2. 

Dilansir dari KompasTekno, ponsel ini dikatakan akan menghadirkan fitur kekinian dengan banderol harga relatif terjangkau.

Salah satu andalannya adalah teknologi asisten digital Google Assistant yang diintegrasikan lewat sebuah tombol khusus di sisi perangkat.

“Nokia 4.2 merupakan ponsel pertama dengan tombol Google Asisstant pertama di Indonesia. Belum ada ponsel lain dengan tombol ini,” klaim Miranda Warokka, Marketing Head HMD Global Indonesia dalam acara peluncuran Nokia 4.2 di Jakarta, Selasa (7/5/2019).

Tombol Google Assistant tadi, menurut Miranda, akan memudahkan pengguna dalam memanggil sang asisten digital untuk berbagai keperluan, seperti melihat kondisi lalu lintas, hingga mencari restoran terdekat.

“Tak perlu lagi masuk-masuk ke dalam menu,” ungkapnya.

Spesifikasi

Sebagai ponsel kelas menengah, Nokia 4.2 memiliki spesifikasi yang dapat membuat pengguna merasa cukup nyaman dengan harga yang nyaman juga.

Tampilan Nokia 4.2 (Sumber: KompasTekno)

Ponsel ini memiliki layar yang cukup besar, yaitu 5,7 inci (~14,47 cm) dengan resolusi 720 x 1520 piksel dan aspek rasio 19:9. Layaknya ponsel pada umumnya, terdapat sebuah notch yang menjadi wadah untuk kamera depan dengan resolusi 8 megapiksel.

Kemudian, pada bagian belakang terdapat konfigurasi dual-camera dengan resolusi masing-masing adalah 13 megapiksel kamera utama dan 2 megapiksel sebagai depth sensor.

Untuk mesin utama, ponsel ini dibekali dengan SoC Qualcomm Snapdragon 439 yang dibekali dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal sebesar 32 GB.

Sebagai ponsel terbaru, tentunya Nokia 4.2 juga memiliki perangkat lunak yang paling modern saat ini. Ponsel ini menggunakan sistem operasi Android 9.0 (Pie) dengan lapisan antarmuka custom UI, namun masih terkesan “polos” dibandingkan tampilan ponsel pesaing.

Fitur lainnya adalah terdapat teknologi NFC dan kapasitas baterai sebesar 3.000 mAh.

Sebagai referensi, berikut adalah perbandingan spesifikasi antara ponsel terbaru Nokia dengan ponsel sebelumnya yang sempat rilis Maret lalu, yaitu Nokia 3.1 Plus.

Sumber: KompasTekno

Rilis

Saat ini, HMD Global akan mulai menjual Nokia 4.2 melalu isesi pre-order mulai dari tanggal 9 hingga 19 Mei 2019 melalui website e-commerce Blibli.com dan Shopee.

Selain toko online, peminat juga dapat membeli ponsel tersebut di ritel Erafone dan Sentra Ponsel.

Untuk harga, Nokia 4.2 dijual dengan harga Rp 2.499.000.

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian berminat untuk memiliki ponsel Nokia? Yuk berikan tanggapannya!

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast