Resmi Diluncurkan, Android Q Hadirkan Banyak Fitur Baru

Teknologi 8 Mei 2019

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari gelaran acara Google I/O 2019. Dalam acara tersebut, Googls resmi meluncurkan sistem operasi untuk smartphone terbarunya, Android Q.

Dilansir dari Kompas Tekno, Rabu (8/5), meski belum versi final alias masih edisi beta, Google telah memastikan serangkaian fitur yang akan hadir pada Android Q ini.

Menurut Stephanie Cuthberston, perwakilan Google yang memperkenalkan Android Q di atas panggung I/O, Android Q akan mendukung sejumlah fitur baru yang akan diadopsi oleh smartphone keluaran 2019.

Apa saja fitur-fitur tersebut? Berikut daftar fitur pendukungnya:

Dukungan Layar Lipat

Menurut Stephanie, ponsel layar lipat alias foldable phone adalah produk yang sangat berbeda dari smartphone lain.

Ponsel layar lipat, menurutnya membutuhkan sistem operasi khusus yang dapat mendukung pengoperasian ponsel ini.

Oleh karena itu, Android Q dirancang agar dapat digunakan dengan optimal pada foldable phone.

“Foldable phone adalah jenis yang berbeda. Ponsel ini bagus untuk multi-tasking dan dapat bekerja dengan ukuran layar kecil dan besar. Android Q akan mendukung kemampuan foldable phone ini,” ungkap Stephanie.

Dukungan 5G

Selain dukungan untuk ponsel layar lipat, Android Q juga akan mendukung kemampuan jaringan 5G.

Menurut Stephanie, saat ini jaringan 5G mulai dikembangkan dengan masif dan akan menjadi tren baru di masa mendatang.

Live Caption

Salah satu fitur baru yang dimiliki Android Q adalah Live Caption. Fitur ini mampu mendeteksi suara dalam video, kemudian mengubahnya menjadi format teks yang ditampilkan di layar secara langsung.

Live Caption sejatinya mirip seperti subtitle dalam film, namun caption tersebut dibuat secara live berdasarkan apa yang diucapkan orang yang ada di dalam video.

Smart Reply

Smart Reply dapat memudahkan pengguna membalas pesan yang diterima.

Fitur ini akan memunculkan prediksi kata yang akan diketik, sehingga pengguna hanya tinggal menyentuh prediksi tersebut tanpa perlu mengetik.

Dark Theme

Salah satu fitur yang dinanti oleh pengguna Android akhirnya tiba di Android Q. Fitur dark theme alias tampilan gelap dipastikan hadir pada OS Android versi terbaru ini.

Pengguna tinggal klik ikon penghemat baterai untuk mengaktifkannya. Dengan adanya fitur tampilan gelap, baterai ponsel diklaim akan menjadi lebih irit.

Mata pengguna juga diklaim tidak akan sakit ketika menggunakan ponsel dalam waktu lama.

Privacy Setting

Android Q juga membawa fitur keamanan terbaru yang memudahkan pengguna mengatur keamanan ponsel, serta mengamankan data pribadi.

Melalui menu Privacy Setting baru, pengguna dapat membatasi segala aktivitas aplikasi yang menyedot data pengguna, seperti misalnya lokasi, riwayat penelusuran web, preferensi, dll.

Focus Mode

Fitur ini memungkinkan pengguna memblokir aplikasi tertentu yang dapat mengganggu konsentrasi. Misalnya aplikasi e-mail, pesan instan, hingga media sosial.

Dengan fitur ini, pengguna diharapkan akan dapat fokus ketika mengerjakan sesuatu, menggunakan smartphone-nya tanpa terganggu oleh notifikasi aplikasi lain.

Parental Control

Google juga menyediakan fitur khusus bagi orangtua yang ingin mengontrol penggunaan smartphone oleh anaknya.

Dengan fitur ini, orangtua dapat melihat apa saja aplikasi yang rutin digunakan putra-putri mereka, sekaligus membatasi waktu penggunaan aplikasi tersebut

Setidaknya akan ada 21 smartphone yang direncanakan akan menggunakan sisstem operasi ini. Beberapa dipastikan berasal dari ponsel milik Google, seperti Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3 XL.

Berikut daftar smartphone selain ponsel dari Google yang akan menggunakan sistem Android Q hingga akhir tahun ini:

ASUS ZenFone 5z
OnePlus 6T
Xiaomi Mi 9
Xiaomi Mi Mix 3 5G
Nokia 8.1
LG G8
Essential Phone
Huawei Mate 20 Pro
Sony Xperia XZ3
OPPO Reno
Tecno Spark 3 Pro
Realme 3 Pro
Vivo X27
Vivo NEX S
Vivo NEX A

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.