Sempat Dihapus, Huawei Mate 20 Pro Kembali Masuk Program Android Q Beta

Teknologi 1 Jun 2019

Hai, MedForians!

Sedikit kabar gembira untuk kamu yang ingin membeli Huawei Mate 20 Pro!

Beberapa waktu yang lalu Huawei Mate 20 Pro, yang merupakan salah satu smartphone yang mengikuti program beta Android Q, tiba-tiba menghilang dari daftar tersebut.

Hal ini tak lepas dari kebijakan pemerintah Amerika Serikat yang membatasi bisnis Huawei dengan perusahaan AS tanpa seizin pemerintah. Buntutnya, Google pun membatasi akses Huawei terhadap sistem operasi Android.

Tapi sepertinya Mate 20 Pro kini telah kembali masuk ke dalam daftar tersebut. Hal ini dapat dilihat dari situs Android Developer yang menampilkan Mate 20 Pro bersama smartphone lainnya yang juga masuk dalam program ini seperti LG G8, Xiaomi Mi 9, Oppo Reno, dan Realme 3 Pro.

Dikutip dari Phone Arena melalui detikINET, Jumat (31/5), kembalinya Mate 20 Pro ke dalam daftar tersebut sepertinya dikarenakan lisensi umum 90 hari yang diberikan pemerintah AS kepada Huawei. Lisensi umum ini juga yang bisa membuat Huawei kembali menjadi anggota SD Association dan Wi-Fi Alliance.

Ini tentu merupakan berita bagus bagi pemilik Mate 20 Pro. Ini tidak hanya mengindikasikan bahwa program ini tetap berjalan tapi smartphone Huawei saat ini mungkin akan mendapatkan update untuk Android Q.

Demikian juga untuk seri Mate 30 yang baru akan meluncur pada akhir tahun ini. Seri tersebut diperkirakan tidak akan lagi menggunakan sistem operasi Android. Sepertinya, seri Mate 30 akan menggunakan sistem operasi buatan Huawei yang telah dikembangkan sebagai alternatif dari Android.

Tag

Andhika Rizky Reihansyah

Broadcasting, Tech and Design Geek