Menu Tutup

Seri OnePlus 7 Dirilis, Ponsel AMOLED dengan Refresh Rate Tinggi

Hai MedForians!

Setelah sukses dengan OnePlus 6T yang menjadi flagship killer, akhirnya OnePlus merilis seri terbarunya yaitu OnePlus 7 dan OnePlus 7 Pro.

OnePlus 7 dan OnePlus 7 Pro resmi diluncurkan ke pasar oleh vendor ponsel flagship killer, OnePlus. Sebenarnya OnePlus 7 adalah penerus OnePlus 6T yang diluncurkan pada tahun lalu, sementara OnePlus 7 Pro digadang-gadang sebagai ponsel ‘flagship sesungguhnya’ yang dirilis oleh OnePlus.

OnePlus 7 Pro sendiri mengusung tampilan fullscreen pada bagian depan, tidak ada notch/poni maupun tombol-tombol lain. Maka, bezel milik OnePlus 7 Pro terlihat sangat tipis di keempat sisi. Sedangkan OnePlus 7 masih menggunakan teardrop notch seperti pendahulunya, OnePlus 6T.

Spesifikasi OnePlus 7 Pro

Penampakan OnePlus 7 Pro (sumber: GSMArena)

OnePlus 7 Pro diluncurkan dengan mengusung spesifikasi flagship. Layarnya berbentang 6,67 inci Super AMOLED yang mampu menampilkan gambar dengan resolusi QHD+. Refresh rate dari ponsel ini mencapai angka 90Hz, dan juga sudah mendukung HDR10+.

Layar ini diklaim dapat menampilkan gambar dengan lebih smooth, lebih terang, dan optimal saat digunakan untuk bermain game maupun menonton video dengan resolusi tinggi.

Dapur pacu OnePlus 7 Pro ditopang oleh SoC Snapdragon 855 yang mampu berjalan pada kecepatan 2,84 Ghz. Untuk pengolah grafis, ponsel ini mengandalkan GPU Adreno 640.

SoC tersebut dibekali dengan tiga pilihan RAM yakni 6 GB, 8 GB dan 12 GB. Sementara penyimpanan internalnya terdiri dari dua pilihan yaitu 128 GB dan 256 GB.

BACA JUGA :  Google Cabut Lisensi Android untuk Huawei

Untuk sektor fotografi, OnePlus 7 Pro mengandalkan konfigurasi tiga kamera belakang, salah satunya dibekali dengan sensor 48 megapiksel dari Sony IMX 586. Sementara dua lensa lainnya adalah ultra wide dengan sensor 16 megapiksel dengan bukaan f/2.2, dan telefoto 8 megapiksel dengan bukaan f/2.2 dan zoom optik 3x.

Kamera utama OnePlus 7 Pro ini dilengkapi dengan fitur OIS dan EIS untuk pengambilan gambar yang lebih stabil. Sementara khusus untuk lensa telefoto, hanya dibekali dengan fitur OIS.

Untuk sektor kamera depan, OnePlus 7 Pro menjadi ponsel pertama OnePlus yang menggunakan mekanisme pop-up, untuk memunculkan dan menyembunyikan kamera depan di dalam bodi ponsel. Ketika kamera depan diaktifkan, lensa akan muncul secara otomatis. Kamera depan pop-up OnePlus 7 Pro untuk selfie memiliki resolusi 16 megapiksel dengan sensor Sony IMX471.

Fitur lain pada OnePlus 7 Pro termasuk pengisi daya cepat 30W, Bluetooth 5.0, sensor sidik jari di dalam layar, baterai 4.000 mAh dan sistem operasi Android 9.0 Pie yang dipoles Oxygen OS.

Spesifikasi OnePlus 7

Penampakan OnePlus 7 (sumber: GSMArena)

Sementara OnePlus 7 versi reguler memiliki spesifikasi yang lebih rendah ketimbang OnePlus 7 Pro. Ukuran layar OnePlus 7 lebih kecil dibanding seri Pro-nya yakni 6,4 inci.

Perbedaan yang paling mencolok adalah, OnePlus 7 reguler masih memiliki notch alias poni sebagai wadah untuk kamera depan dengan resolusi 16 megapiksel. Kamera belakangnya mengusung konfigurasi kamera ganda, resolusi 48 megapiksel dan 5 megapiksel.

BACA JUGA :  Galaxy A2 Core Resmi Masuk Indonesia dengan Harga Terjangkau

Sedangkan untuk hardware, OnePlus 7 reguler juga menggunakan SoC Snapdragon 855 yang dipadankan dengan RAM 6GB penyimpanan 128 GB; atau RAM 8 GB penyimpanan 256 GB.

Harga 

Dikutip dari PhoneRadar, harga OnePlus 7 Pro dengan RAM 6 GB/128 GB dijual dengan harga US $669 atau sekitar Rp 10 juta. Sedangkan untuk varian RAM 8 GB dan 12 GB dengan penyimpanan 256 GB, masing masing dibanderol US $699 atau sekitar Rp 10,8 juta dan US $749 atau sekitar Rp 12 juta.

Sedangkan untuk harga OnePlus 7 reguler dibanderol dengan harga mulai dari Rp 8 juta untuk model 6 GB/128 GB dan Rp 8,8 juta untuk versi 8 GB/256 GB.

Bagaimana menurut MedForians? Tertarik untuk membeli salah satu flagship ini?

Sumber : GSMArena

MedForians Wajib Baca Ini!