Seri OnePlus 7 Dirilis, Ponsel AMOLED dengan Refresh Rate Tinggi

Teknologi 15 Mei 2019

Hai MedForians!

Setelah sukses dengan OnePlus 6T yang menjadi flagship killer, akhirnya OnePlus merilis seri terbarunya yaitu OnePlus 7 dan OnePlus 7 Pro.

OnePlus 7 dan OnePlus 7 Pro resmi diluncurkan ke pasar oleh vendor ponsel flagship killer, OnePlus. Sebenarnya OnePlus 7 adalah penerus OnePlus 6T yang diluncurkan pada tahun lalu, sementara OnePlus 7 Pro digadang-gadang sebagai ponsel ‘flagship sesungguhnya’ yang dirilis oleh OnePlus.

OnePlus 7 Pro sendiri mengusung tampilan fullscreen pada bagian depan, tidak ada notch/poni maupun tombol-tombol lain. Maka, bezel milik OnePlus 7 Pro terlihat sangat tipis di keempat sisi. Sedangkan OnePlus 7 masih menggunakan teardrop notch seperti pendahulunya, OnePlus 6T.

Spesifikasi OnePlus 7 Pro

Penampakan OnePlus 7 Pro (sumber: GSMArena)

OnePlus 7 Pro diluncurkan dengan mengusung spesifikasi flagship. Layarnya berbentang 6,67 inci Super AMOLED yang mampu menampilkan gambar dengan resolusi QHD+. Refresh rate dari ponsel ini mencapai angka 90Hz, dan juga sudah mendukung HDR10+.

Layar ini diklaim dapat menampilkan gambar dengan lebih smooth, lebih terang, dan optimal saat digunakan untuk bermain game maupun menonton video dengan resolusi tinggi.

Dapur pacu OnePlus 7 Pro ditopang oleh SoC Snapdragon 855 yang mampu berjalan pada kecepatan 2,84 Ghz. Untuk pengolah grafis, ponsel ini mengandalkan GPU Adreno 640.

SoC tersebut dibekali dengan tiga pilihan RAM yakni 6 GB, 8 GB dan 12 GB. Sementara penyimpanan internalnya terdiri dari dua pilihan yaitu 128 GB dan 256 GB.

Untuk sektor fotografi, OnePlus 7 Pro mengandalkan konfigurasi tiga kamera belakang, salah satunya dibekali dengan sensor 48 megapiksel dari Sony IMX 586. Sementara dua lensa lainnya adalah ultra wide dengan sensor 16 megapiksel dengan bukaan f/2.2, dan telefoto 8 megapiksel dengan bukaan f/2.2 dan zoom optik 3x.

Kamera utama OnePlus 7 Pro ini dilengkapi dengan fitur OIS dan EIS untuk pengambilan gambar yang lebih stabil. Sementara khusus untuk lensa telefoto, hanya dibekali dengan fitur OIS.

Untuk sektor kamera depan, OnePlus 7 Pro menjadi ponsel pertama OnePlus yang menggunakan mekanisme pop-up, untuk memunculkan dan menyembunyikan kamera depan di dalam bodi ponsel. Ketika kamera depan diaktifkan, lensa akan muncul secara otomatis. Kamera depan pop-up OnePlus 7 Pro untuk selfie memiliki resolusi 16 megapiksel dengan sensor Sony IMX471.

Fitur lain pada OnePlus 7 Pro termasuk pengisi daya cepat 30W, Bluetooth 5.0, sensor sidik jari di dalam layar, baterai 4.000 mAh dan sistem operasi Android 9.0 Pie yang dipoles Oxygen OS.

Spesifikasi OnePlus 7

Penampakan OnePlus 7 (sumber: GSMArena)

Sementara OnePlus 7 versi reguler memiliki spesifikasi yang lebih rendah ketimbang OnePlus 7 Pro. Ukuran layar OnePlus 7 lebih kecil dibanding seri Pro-nya yakni 6,4 inci.

Perbedaan yang paling mencolok adalah, OnePlus 7 reguler masih memiliki notch alias poni sebagai wadah untuk kamera depan dengan resolusi 16 megapiksel. Kamera belakangnya mengusung konfigurasi kamera ganda, resolusi 48 megapiksel dan 5 megapiksel.

Sedangkan untuk hardware, OnePlus 7 reguler juga menggunakan SoC Snapdragon 855 yang dipadankan dengan RAM 6GB penyimpanan 128 GB; atau RAM 8 GB penyimpanan 256 GB.

Harga 

Dikutip dari PhoneRadar, harga OnePlus 7 Pro dengan RAM 6 GB/128 GB dijual dengan harga US $669 atau sekitar Rp 10 juta. Sedangkan untuk varian RAM 8 GB dan 12 GB dengan penyimpanan 256 GB, masing masing dibanderol US $699 atau sekitar Rp 10,8 juta dan US $749 atau sekitar Rp 12 juta.

Sedangkan untuk harga OnePlus 7 reguler dibanderol dengan harga mulai dari Rp 8 juta untuk model 6 GB/128 GB dan Rp 8,8 juta untuk versi 8 GB/256 GB.

Bagaimana menurut MedForians? Tertarik untuk membeli salah satu flagship ini?

Sumber : GSMArena

Tag

Muhammad Fadly Saripudin

Tech & J-Pop Enthusiast | Graphic Design & Videography

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.