Solusi Teknologi "Smart City" Semakin Matang Dengan Qlue dan Nvidia

Teknologi 11 Mei 2019

Hai, MedForians!

Persiapan teknologi untuk fondasi “Smart City” akan semakin dikembangkan!

Solusi Kota Cerdas

Qlue, sebagai aplikasi penyalur aduan masyarakat kepada pemerintah tengah memperkuat fondasinya sebagai wadah pemberi solusi “smart city” atau kota cerdas.

Didukung perusahaan teknologi, Nvidia, saat ini Qlue tengah mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Deep Learning.

“Langkah ini akan kami manfaatkan sebaik-baiknya untuk kemajuan aplikasi,” ujar CEO Qlue, Rama Raditya kepada Kompas.com, Kamis (9/5/2019).

Dilansir dari KompasTekno dan KAORI Nusantara, dengan adanya dukungan tersebut, lanjut Rama, Qlue ingin berekspansi dan menjadi yang terdepan dalam solusi serta ekosistem smart city di Indonesia.

Sebagai informasi, Qlue menjadi satu dari 15 aplikasi di Indonesia yang terpilih Nvidia untuk masuk di Nvidia Inception Program. Ini adalah sebuah program akselerator untuk mengembangkan perusahaan rintisan teknologi AI dan deep learning.

Pihak Qlue akan mengembangkan teknologi AI dan Machine Learning dengan bantuan Nvidia.(Sumber: KompasTekno)

“Program Nvidia Inception ini akan mempercepat upaya membentuk smart city di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi AI dan deep learning,” sambung Rama.

Setiap startup yang tergabung pada program tersebut akan mendapatkan benefit yang berkelanjutan, sebut saja pelatihan dari pakar, program bantuan hardware serta dukungan pemasaran.

“Dukungan ini diharapkan akan mengoptimalkan teknologi Qlue sebagai bagian dari solusi smart city,” papar Rama.

Potensi teknologi yang dimaksud Rama adalah QlueVision yang merupakan contoh inovasi teknologi dari Qlue berbasis AI dan deep learning. Menilik fungsinya, QlueVision dapat mengidentifikasi perilaku serta wajah manusia, menghitung jumlah kendaraan bahkan identifikasi plat nomor kendaraan.

“QlueVison telah membantu berbagai pemerintahan daerah, instansi pemerintah, dan perusahaan untuk bekerja lebih efisien,” ujar Rama.

Perlu diketahui, aplikasi Qlue saat ini telah digunakan oleh 15 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia sejak pertama kali digunakan di Jakarta dengan mitra Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 2016.

Qlue masih menjadi andalan bagi warga Jakarta untuk mengadukan masalah perkotaan yang mereka temui sehari-hari. Sebesar 90 persen aduan masyarakat Jakarta yang ditampung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta disalurkan melalui Qlue.

Persentase aduan lewat Qlue yang ditindaklanjuti pun cukup tinggi, yaitu berada di angka 87 persen dengan nilai rata-rata bintang empat.

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian antusias dalam implementasi teknologi dalam skala kota? Yuk berikan tanggapannya!

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast