Staf Nao Tōyama Blokir Fans yang Berkomentar Tidak Pantas

Pop Kultur 22 Mei 2019

Hai, MedForians!

Nao Tōyama, pengisi suara Karen Kujō (Kiniro Mosaic) dan gadis kapal kelas Kongō (Kantai Collection) jadi korban pelecehan di dunia maya. Setelah digempur banyak komentar negatif, sepertinya kesabarannya sudah habis. Melalui situs web resminya, staff Naobou menyatakan akan memblokir pengguna media sosial yang jika mereka meninggalkan terlalu banyak balasan sekaligus, atau bertindak dengan cara yang dianggap seperti penguntit, tidak senonoh, bahkan mengancam.

Dilansir dari AnimeNewsNetwork, korban pertama dari banhammer ini adalah akun Twitter bernama “Keima Kuri”. Melalui rekaman dari situs arsip web milik Wayback Machine, ia membuat 7 balasan pada pengumuman yang dicuitkan melalui akun resmi miliknya.

Salah satu balasan tersebut berbunyi sebagai berikut: “Suatu hari, aku dan Nao pergi berkencan bersama sebagai pasangan menikah di masa depan. Kami pergi ke Karuizawa, yang akan menjadi lokasi upacara pernikahan kami. Di sana, aku dan Nao melakukan ( ^ з ^) – ☆. Tentu saja, lokasi upacara pernikahan kami adalah toilet di Universitas Waseda … !! “

Tangkapan layar cuitan salah satu korban banhammer staf Nao Tōyama
Tangkapan layar cuitan salah satu korban banhammer staf Nao Tōyama

Setelah terkena banhammer, seorang lagi berkomentar: “Akhirnya, mereka mengambil tindakan terhadap Keima Kuri. Bagus.” Banyak pengguna yang mengekspresikan sentimen serupa, termasuk seorang pengguna dalam bahasa Inggris.

Selain Keima Kuri, ada juga yang terkena banhammer. Menurut salah satu pengguna yang telah mengikuti tindakan Keima Kuri, penggemar yang terobsesi tersebut mengirimkan hingga 4.000 balasan dalam satu hari.

Untungnya, sebagian besar pengguna lain yang merespons Nao Tōyama sangat memahami apa yang sedang ia alami. Tanggapan yang paling umum adalah “Saya mengerti sepenuhnya” dan “Terima kasih atas semua yang telah Anda lakukan.”

Kasus serupa selalu terjadi di kalangan pegiat hiburan. Bukan hanya di Jepang, di berbagai negara termasuk di tanah air sudah sering terjadi hal yang tidak bijak ini. Baik pengisi suara hingga penyanyi semuanya jadi korban kekejaman sosial media. Maka dari itu, gunakanlah sosial media dengan bijak, ya. Jika tidak, “Burning Love” milik Kongō akan “membakar” sosial media milikmu, loh.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.