Sutradara Yutaka Yamamoto Berjanji Tinggalkan Industri Anime Setelah Film Terakhirnya

Pop Kultur 28 Mei 2019

Hai, MedForians!

Sutradara anime Yutaka Yamamoto memposting di blognya minggu lalu bahwa ia tidak akan lagi bekerja di industri anime setelah menyelesaikan film Hakubo (Twilight).

Ia juga bersumpah untuk tidak pernah mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan animasi lagi setelahnya.

Keputusan tersebut muncul setelah pemutaran trailer perdana khusus film Hakubo di Iwaki, Tokyo, dan Osaka. Ia berkomentar bahwa film ini berada pada keadaan yang buruk. Ia juga meminta maaf kepada semua pihak yang terlibat dalam produksinya.

Dalam postingan yang diunggahnya, ia mengatakan bahwa akhirnya ia menyadari sesuatu setelah 21 tahun bekerja di industri animasi, bahwa sejak awal, ia merasa jika belum bisa membuat anime dengan baik.

Yutaka menambahkan bahwa ia akan bekerja keras untuk meningkatkan dan menyelesaikan film Hakubo hingga pada jadwal rilisnya, yaitu pada 21 Juni mendatang.

Sebelumnya, anime ini dijadwalkan untuk tayang perdana di Jepang pada Porepore Cinemas Iwaki Onahama di prefektur Fukushima Jumat lalu, sebelum ditayangkan di tempat lain di Fukushima dan kemudian mendapatkan rilis yang lebih luas ke seluruh Jepang.

Namun, situs web dari film animasi Hakubo ini mengumumkan bahwa terdapat pemunduran jadwal rilis film ini menjadi tanggal 21 Juni.

Yutaka Yamamoto mengatakan bahwa terdapat kebangkrutan pribadi pada 4 Maret lalu.

Anime ini memiliki kampanye untuk melakukan galang dana untuk mendanai proyek awalnya. Galang dana yang dilakukan ini mencapa tujuan yang ditentukannya, yakni sebesar 15 juta yen (sekitar US$ 137.000) pada April 2017.

Yamamoto pun meluncurkan aksi galang dana selanjutnya untuk membuat subtitle bahasa Inggris dan memperluas pemutaran perdana animasi ini di Fukushima.

Aksi itu berusaha untuk mengumpulkan 5 juta yen (US$ 45.329) pada 31 Maret, tetapi berujung kegagalan. Hingga berakhirnya aksi penggalangan tersebut, ia hanya bisa meraih dana sebanyak US$ 12.793.

Yamamoto juga merencanakan anime ini sebagai hal terakhir dari ‘Trilogi Tōhoku’. Trilogi ini digambarkan berlokasi di timur laut Tōhoku Jepang.

Film animasi Hakubo menceritakan tentang seorang pemuda yang tinggal di Kota Iwaki, Prefektur Fukushima setelah adanya gempa bumi dan tsunami Tohōku pada 11 Maret 2011.

Dua projek sebelum Tohoku adalah film animasi berjudul blossom dan Wake Up, Girls!, dimana kedua series ini masing-masing berlokasikan di kota Otsuchi, Prefektur Iwate dan Kota Sendai, Prefektur Miyagi.

Sumber : Anime News Network, Blog pribadi Yutaka Yamamoto

Tag