YouTube Space Kembali Hadir di Indonesia, Ini Alasannya!

Teknologi Mei 01, 2019

Hai, MedForians!

Berita berikut ini mengenai Youtube Space di Indonesia yang kembali dibuka setelah sempat ditutup selama 4 tahun ini.

Dilansir dari Kompas Tekno, Selasa (30/4), YouTube Pop-Up Space dibuka kembali di Indonesia. Kantornya berlokasi di Mal Kota Kasablanka lantai 4, Jakarta.

Berbeda dengan tahun lalu, YouTube Pop-up Space tahun ini akan berlangsung lebih lama, mulai tanggal 29 April Hingga 3 Mei 2019. Tahun sebelumnya, Pop-up Space hanya digelar selama tiga hari saja.

“Untuk tahun ini lebih lama karena digabung dengan (YouTube) Next Up Camp dan Music Session,” jelas Chris  Schremp, Director of YouTube Global Creator & Artist.

Program ini sendiri diketahui pertama kali hadir pada tahun 2016. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, YouTube lebih memilih konsep Pop-Up atau buka-tutup atau temporer.

Salah satu alasannya adalah karena masih ada keraguan YouTube atas pertumbuhannya di pasar Indonesia. Walaupun pertumbuhan YouTube sangat pesat di Indoensia, potensi pasar untuk YouTube di Indonesia masih belum dapat ditentukan.

“Jadi kami melihat dulu performa basis pasarnya ingin membuat Space permanen. Saat ini baru ada beberapa Space permanen di dunia,” kata Chris Schremp.

Tahun ini ada sekitar 200 channel yang mendapatkan Silver Button dimana tahun lalu hanya sekitar 38 channel yang mendapatkan Silver Button.

Channel dengan 100000 subscriber juga menigkat 3 kali lipat dibandingkan pada tahun sebelumnya. Tahun ini, ada 2 Content Creator asal Indonesia yang mendapatkan Diamond Awards karena memiliki lebih dari 10 juta subscriber.

Moe Inaki, Head of Apac Youtube Social Media Marketing Analytics mengatakan Space dengan konsep Pop-Up tempatnya lebih fleksibel dan tidak berpusat di suatu tempat secara permanen.

“Untuk negara berkembang seperti Indonesia, kita masih mempertimbangkan untuk menggunakan pop-up space, tapi kita akan terus bereksperimen dan melihat umpan baliknya,” jelas Moe Inaki.

Content Creator yang memenuhi syarat akan menunggu tahun depan untuk dapat menggunakan fasilitas dari YouTube Pop-Up Space.

Saat ini, ada 10 Space permanen yang tersebar di berbagai kota, yaitu Los Angeles, Toronto, London, New York, Berlin, Paris, Dubai, Mumbai, Tokyo, dan Rio.

Tag

Samana Yoga

Media Formasi Author

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.